25.8 C
Tangerang Selatan
Kamis, 13 Juni 2024
Serpong Update
EDUCATION

Meriahkan Hari Kebangkitan Nasional, KJRI Frankfurt Gelar Kompetisi Olahraga Bagi Pelajar Indonesia di Jerman

Serpongupdate.com –  Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri membuka secara resmi Kejuaraan Frada x Konjen Cup 2023 di Sportpark Preungesheim, Frankfurt pada Sabtu (20/05). Kompetisi olahraga tahunan antar mahasiswa yang diadakan pada 20—21 Mei 2023 ini merupakan kerja sama KJRI Frankfurt dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Frankfurt dan sekitarnya (PPI Frada). Dalam sambutan pembuka, Konjen RI Frankfurt menyampaikan Frada x Konjen Cup tahun ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pada generasi muda sebagai penerus bangsa. “Kompetisi olahraga ini menjadi salah satu sarana mewariskan semangat nasionalisme ke generasi muda Indonesia di Jerman,” kata Acep.

Perhelatan tahun ini kembali memperebutkan Konjen Cup dalam bentuk piala bergilir dan piala bagi juara umum serta medali bagi para juara. Dalam acara pembukaan, Konjen RI Frankfurt menyerahkan secara simbolis Piala Konjen Cup kepada Ketua PPI Frada, Muhammad Alfath Santosa. “Ayo bertanding secara sehat,  kedepankan sportivitas untuk memupuk persatuan dan kesatuan melalui event olahraga Frada x Konjen Cup 2023 ini,” tegas Acep.

Frada x Konjen Cup 2023 diikuti oleh PPI dari berbagai kota di Jerman seperti Frada (Frankfurt dan sekitarnya), Karlsruhe, Magdeburg, Köln, Gießen, Berlin-Brandenburg, Rostock, Münster, München, Mannheim, Göttingen, Dessau, Braunschweig, Leipzig, Wismar dan Franken, serta Perhimpunan Mahasiwa Papua. “Senang sekali bisa bertemu teman-teman mahasiswa dalam kompetisi olahraga, bahkan tim futsal Indonesia dari Paris, Perancis juga berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini,” kata Alfath.

Tercatat lebih dari 500 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini, terbagi ke dalam beberapa cabang olahraga diantaranya 16 tim bulu tangkis putra, 8 tim bulu tangkis campuran, 12 tim futsal, 6 tim voli, 7 tim basket putra, dan 4 tim basket putri yang berlomba di masing-masing nomor olah raga. Penyelenggaraan Frada x Konjen Cup 2023 hari pertama pada 20 Mei 2023 telah menyelesaikan sebagian besar pertandingan pada babak penyisihan. Sementara hari kedua pada Minggu (21/05) akan memasuki babak perempat final, semifinal, dan final. “Minggu pasti lebih seru karena para tim bersaing ketat di final,” jelas Alfath.

Frada x Konjen Cup 2023 juga dimeriahkan dengan Food Bazaar yang menyajikan kuliner Nusantara. Sejumlah hidangan khas Indonesia tersaji seperti ketoprak, mie ayam, nasi padang, ayam rica-rica, martabak, serta berbagai jajanan dan minuman dengan cita rasa yang menggugah selera. Kehadiran masakan-masakan Indonesia tersebut menjadi pengobat rasa rindu akan Tanah Air sekaligus menghangatkan suasana kumpul bersama. “Kerinduan akan tanah air pasti terobati dengan penyajian beragam kuliner nusantara yang disajikan dalam kompetisi ini,” kata Acep.

Dukungan suporter setia dari masing-masing tim yang berlomba menambah semarak Frada x Konjen Cup 2023. Chant serta yel-yel khusus dikumandangkan untuk menyemangati para pemain yang bertanding. Tidak hanya itu, para supporter juga membawa perlengkapan pendukung seperti bendera, drum, simbal, dan pengeras suara. Hal ini menunjukkan kekompakan para pelajar baik di dalam maupun di luar lapangan. (Sumber: KJRI Frankfurt)

Berita Terkait

Leave a Comment