banner
paten

Optimalkan Pelayanan, Pemkot Tangerang Buat Aplikasi PATEN di Setiap Kelurahan

Serpongupdate.com -  Pemkot Tangerang terus berinovasi dalam mengoptimalkan pelayanan yang mudah dan cepat berbasis teknologi. Salah satunya membangun aplikasi PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu) di Kelurahan.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, aplikasi Paten dibangun guna memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi. Upaya ini juga dalam rangka menseragamkan format surat pengantar di seluruh kelurahan.”Misalkan ada warga datang membutuhkan surat pengantar untuk pelayanan cukup ketik melalui aplikasi e-government atau melalui web kemudian petugas mengirimnya ke kecamatan,” ujarnya, Senin (8/10).

Menurutnya dikembangkanya aplikasi PATEN sesuai arahan walikota bahwa pelayanan di pusatkan di satu titik yakni di kelurahan. Sementara yang bergerak adalah berkas administrasinya. Setelah dikirim ke kecamatan nantinya akan diinformasikan tindak lanjut dari penyelesaian administrasinya yang diajukan oleh masyarakat. Penerapan pelayanan perizinan ditingkat Kecamatan atau yang dikenal sebagai Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan bagian dari kemudahan perizinan dan memangkas birokrasi yang panjang sesuai instruksi Presiden RI.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri menambahkan, pelimpahan sejumlah kewenangan perizinan ke tingkat Kecamatan melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Wali Kota kepada Camat dan Perwal Nomor 13 tahun 2016 terkait penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan adalah wujud dari Kota Tangerang sebagai Kota Layak Investasi. Layak Investasi yang dimaksud adalah, kemudahan proses perizinan yang dapat dijangkau semua lapisan masyarakat dan diakses dengan mudah.

“Pelayanan kami dekatkan kepada masyarakat dengan cukup mengurus di tingkat kecamatan,” imbuhnya. (abe)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *