30.7 C
Tangerang Selatan
Rabu, 27 Oktober 2021
Serpong Update
TEKNO

Pelaku UMKM Kota Tangerang Dapat Pelatihan Digital Marketig

Serpongupdate.com – Dinas Kominfo Kota Tangerang menggelar webinar digital marketing bagi para UMKM Kota Tangerang, kemarin (17/11). Strategi peningkatan penjualan melalui digital marketing diharapkan dapat meningkatkan penjualan selama pandemi Covid-19.

Praktisi Foto Produk Fajrin Raharjo menyatakan, dalam dunia digital marketing foto produk memiliki peranan yang sangat penting. Beberapa survey menyebutkan, 90 persen keputusan pembeli dalam membeli barang setelah melihat foto yang menarik. Sedangkan 83 persen konsumen membeli barang setelah membandingkan harga.

“Kalau foto produk yang ditampilkan tidak menarik maka akan masuk ke fase kedua, pelanggan akan membandingkan harga.Tapi kalau dari foto produk sudah memikat konsumen tidak akan ada perang harga,” ujarnya, kemarin (17/11).

Pria yang akrab disapa Eki itu menuturkan, membuat foto produk tidak melulu harus menggunakan kamera DSLR dan lainnya. Saat ini, kamera HP sudah dapat digunakan untuk foto produk. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti resolusi kamera, pencahayaan dan fokus.

“Pencahayaan bisa menggunakan cahaya alami seperti matahari. Dan sebaiknya menggunakan tripod agar tidak shaking dan menghindari zoom,” terangnya.

Narasumber lainnya, Head of Communication Department BINUS University Mia Angeline menuturkan, pelaku UMKM harus dapat menunjukkan keunggulan dari produk yabg dimilikinya. Mulai dari keunikan, value atau nilai dan harga jual. Keunggulan itulah yang harus ditonjolan dalam setiap konten digital marketing mereka.

“Yang pertama harus ditentukan tipe konten yang dibuat, buat time line atau content calendar dan mulai produksi,” terangnya.

Dia menambahkan, pelaku UMKM juga perlu menyisihkan keuntungannya untuk mengiklankan produknya. Mulai dari beriklan di sosial media maupun di market place.”Jadi memang diperlukan juga menyisihkan keuntungan untuk biaya iklan di sosmed atau market palace. Namun harus tetap sesuai dengan target market agar efektif,” terangnya. (Fjn)

Berita Terkait

Leave a Comment