banner
umn

Pembelajaran Kolaboratif Bikin Mahasiswa Aktif Berinteraksi

Serpongupdate.com – Sebagai institusi pendidikan, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memiliki andil dalam membangun kompetensi tersebut pada diri mahasiswanya. Untuk itu, UMN mengembangkan metode pembelajaran kolaboratif agar lulusannya memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Ketua Program Studi Strategic Communications UMN Inco Hary Perdana menerangkan bahwa kampus merupakan arena simulasi dunia kerja bukan hanya tempat belajar. Metode pembelajaran kolaboratif yang diterapkan UMN ini membuat mahasiswa aktif berinteraksi, tidak merasa bosan dan ngantuk selama perkuliahan.

Baca juga : Teknik Elektro UMN Siap Hadapi Industri 4.0

umn6

“Saya punya istilah, good communications, great connections, sehingga harapannya kampus UMN ini bisa menjadi simulasi bagaimana mereka (mahasiswa) bekerja, bukan hanya tempat belajar. Dalam dunia industri, sebenarnya kita bekerja kan tidak sendiri, tetapi harus brainstorming, cari ide, cari konsep, harus meeting ketemu banyak orang. Nah, di sini (kelas kolaboratif UMN) mereka dilatih,” terang Inco.

Selain memiliki metode pembelajaran kolaboratif, UMN juga dirancang agar setiap sudutnya dapat digunakan sebagai tempat belajar. Hal ini mendorong mahasiswa untuk tidak hanya nyaman belajar di dalam ruang kelas, melainkan juga di lobby kampus, kantin, perpustakaan, taman, dan lainnya.

“Saya senang kalau mengajar di kelas kolaboratif, karena mahasiswa nggak akan ngantuk. Bisa interaktif. Setelah berdiskusi secara kelompok, mereka maju, presentasi, langsung praktek, jadi mereka nggak bosan. Sementara kalau di kelas biasa, dosen kan hanya kasih penjelasan ke mahasiswa,” lanjut Inco,(2/5).

Kampus UMN ini dirancang sebagai kampus yang nyaman buat belajar. Kita bisa lihat selain di ruang kelas, mahasiswa juga belajar dan berdiskusi di lobby kampus, kantin, perpustakaan, taman, dan masih banyak lagi. Lingkungan kampus UMN yang sejuk, bersih dan nyaman membuat setiap sudutnya bisa buat tempat belajar. (sbr)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *