25.4 C
Tangerang Selatan
Jumat, 19 April 2024
Serpong Update
POLITIK

Pemilih Pemula Dan Pemilih Disabilitas Jadi Perhatian KPU

Pemilihan Gubernur Banten atau Pilgub Banten yang merupakan bagian dari Pilkada Serentak tahap kedua rencananya akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017 tahun depan.

Meskipun masih sekitar 6 bulan lagi, tahapan dan prosesnya saat ini sudah mulai berjalan.

Salahsatunya adalah hari ini Komisi Pemilihan Umum atau KPU Banten melaksanakan Bimbingan tekhnis kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP Tangerang Selatan di ‎kawasan serpong.

Setelah menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut, Komisioner KPU Banten Didih M Sudih mengutarakan bahwa dalam Pilgub Banten 2017 ini,

“KPU memberikan perhatian khusus kepada para pemilih pemula yang jumlahnya mencapai sekitar 337 ribu pemilih pemula se-Provinsi Banten,” terang Didih.‎

Pemilih pemula ini menurut Didih M Sudi adalah pemilih yang baru pertama kali mengikuti proses Pemilihan Umum dengan rentang usia antara 17 hingga 22 tahun.

“Selain pemilih pemula KPU juga akan memberikan perhatian kepada Pemilih dengan berkebutuhan khusus atau disabilitas, sehingga para pemilih tersebut terpenuhi dalam hak suaranya dalam Pilgub Banten 2017 mendatang,” tambah Didih

Ditambahkan oleh Didih, selain pemilih pemula dan pemilih disabilitas, KPU dalam proses pemutakhiran data pemilih untuk wilayah Tangsel juga menkonsentrasikan ke perumahan elit atau cluster.

“Karena penduduk di perumahan elit ini sering tidak terdata dan tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT,” ujarnya.

Untuk itu KPU Banten meminta kepada KPU Tangsel untuk berkoordinasi dengan Pemkot Tangsel agar bisa masuk ke perumahan-perumahan tersebut untuk mendata para pemilih. Sehingga seluruh masyarakat di Tangsel terpenuhi hak suaranya dalam Pilgub Banten 2017 mendatang.

Sementara itu Ketua KPU Kota Tangsel, M Subhan yang juga hadir dalam kegiatan hari ini mengutarakan bahwa‎ dirinya berharap kepada masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang mengikuti bimbingan tekhnis hari ini untuk serius mempelajari Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dalam tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub Banten 2017.

“PPK setelah mengikuti Bimtek ini agar langsung memberikan pengetahuan tentang Sidalih kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar proses pemutakhiran data berjalan dengan baik,” pungkas M Subhan.

Berita Terkait

Leave a Comment