26.1 C
Tangerang Selatan
Senin, 5 Desember 2022
Serpong Update
HEALTH

Pentingnya Cardiac Imaging Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Serpongupdate.com – Pencitraan kardiovaskular atau cardiac imaging adalah suatu hal yang fundamental dalam mendiagnosis adanya penyakit jantung. Perkembangan teknologi di era modern kini telah memungkinkan orang tak hanya mendeteksi, namun juga mencegah dan menangani berbagai penyakit pembuluh darah yang bisa saja kita miliki.

Namun sayangnya, kebanyakan orang masih berpikir bahwa penyakit jantung hanya menyerang orang tua atau lansia, padahal bukan itu faktanya. Berdasarkan laporan dari Kemenkes RI, penyakit jantung adalah penyebab kematian terbanyak kedua di Indonesia setelah penyakit stroke.

Kesehatan jantung merupakan hal yang cukup krusial dalam kesehatan manusia, karena jantung memiliki peran besar yaitu memompa darah ke seluruh tubuh kita. Bayangkan saja jika satu-satunya organ yang menjadi pusat sistem peredaran darah kita terganggu fungsinya karena suatu penyakit? 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa mengambil tindakan cardiac imaging sebelum hal itu bisa terjadi. Namun sebelum membahas hal tersebut, ayo kita cari tahu apa saja sih faktor-faktor yang bisa menyebabkan adanya penyakit jantung?

Faktor Penyebab Penyakit Jantung

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung, diantaranya:

• Usia 
Penelitian telah menemukan seiring bertambahnya umur, risiko untuk terkena penyakit jantung juga akan meningkat. Biasanya, risiko penyakit jantung akan bertambah ketika kita menginjak usia 40 tahun, dan risiko tersebut akan meningkat seiringnya bertambah umur.

• Jenis Kelamin
Diketahui pria lebih cenderung untuk mengalami penyakit jantung daripada wanita pada usia muda. Namun saat usia lanjut, wanita diketahui memiliki risiko lebih tinggi dari pada pria untuk terkena penyakit jantung setelah masa menopause.

• Gaya Hidup
Beberapa faktor gaya hidup seperti pola makan, aktivitas fisik, hingga konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko kita dalam terkena penyakit jantung. Selain itu, pola hidup yang buruk juga dapat meningkatkan risiko kita dalam terkena penyakit-penyakit lain seperti diabetes yang bisa saja berpotensi menyebabkan timbulnya penyakit jantung.

• Genetik
Menurut American Heart Association, faktor genetik merupakan salah satu penyebab dari penyakit genetik yang tidak bisa kita hindari. Faktor ini akan diturunkan secara menurun oleh orang tua atau kakek-nenek yang memiliki riwayat penyakit jantung atau pembuluh darah.

Mengenal Apa itu Cardiac Imaging

Tindakan cardiac imaging adalah tes yang dilakukan untuk mendeteksi, mencegah, serta menangani penyakit jantung yang ada di dalam tubuh kita. Ada beberapa macam pencitraan kardiovaskular atau jantung yang bisa dilakukan secara non-invasif maupun invasif, yaitu:

  1. Magnetic Resonance Imaging (MRI) Cardiac Scan
    MRI scan adalah tindakan cardiac imaging yang menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio dalam menganalisis serta memberikan gambaran struktur jantung. Melakukan MRI jantung dapat mengantisipasi adanya kejadian sudden death atau kematian mendadak pada pasien gagal jantung, serta pasien-pasien yang memerlukan pemasangan ICD.
  2. Computerized Tomography (CT) Cardiac Scan
    Pada cardiac imaging CT scan, dokter akan menggabungkan serangkaian gambar sinar X yang diambil dari berbagai sudut di sekitar tubuh dan memprosesnya dengan komputer dan menghasilkan gambaran jantung dan pembuluh darah di dalam tubuh kita. CT scan jantung dapat mendeteksi adanya sumbatan dalam pembuluh darah koroner dengan keakuratan hingga 99%.
  3. Echocardiography
    Digunakan untuk mengevaluasi struktur dan fungsi jantung dengan dengan menggunakan gelombang suara ultrasonik.
  4. Tomografi Emisi Positron (PET)
    Dan PET merupakan tindakan cardiac imaging secara invasif yang dilakukan dengan menyuntikan sejumlah pelacak radioaktif kecil ke dalam pembuluh darah. Pelacak tersebut dilepaskan untuk menghasilkan gambar komputer jantung kita dengan mendeteksi radiasi yang dilepaskan oleh pelacak. Tes ini dilakukan untuk mencari tahu kerusakan jantung setelah serangan jantung serta seberapa baik rencana perawatan jantung yang telah kita lakukan dalam perawatan.

Yuk, sudah saatnya kita mengetahui kondisi jantung kita dengan tindakan cardiac imaging. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ketika mulai merasakan gejala-gejala dari penyakit jantung. Semoga kalian bisa hidup sehat, panjang, dan terbebas dari penyakit jantung ya! (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment