25.3 C
Tangerang Selatan
Selasa, 19 Januari 2021
Serpong Update
EDUCATION

Peringati Hari Ibu Ditengah Pandemi Covid-19 dengan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kota Tangerang Selatan

Serpongupdate.com – Setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia. Untuk tahun 2020 ini,  perayaan Hari Ibu sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena masih berada di masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Esensi Hari Ibu ditengah Pandemi Covid-19 sangat terasa karena seorang ibu memiliki banyak peran ditengah pandemi Covid-19 seperti seorang ibu sebagai guru bagi anak-anak yang belajar dirumah.

Selain sebagai ibu, juga berperang sebagai dokter untuk menjaga kesehatan ditengah pandemi, serta ibu sebagai wirausaha karena terdampak ekonomi keluarga, dan berbagai peran lainnya yang harus dijalani oleh seorang ibu.

Oleh karena itu, seorang ibu sangat rentan mengalami kelelahan, stress, bahkan ancaman dari kekerasan terhadap perempuan. Oleh karena itu, untuk menanggulangi permasalahan tersebut, tim dosen melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema : “Perempuan dalam Upaya Memperkuat Ketahanan Keluarga ditengah Covid-19”, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  memberikan edukasi kepada para ibu ditengah pandemi Covid-19.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di RW 02 Benda Baru, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Peovinsi Banten. Tim dosen pengabdi merupakan Dosen Universitas Pamulang yang konsen pada penelitian di bidang perempuan, praktisi, psikolog klinis.

Tim dosen pengabdi diantaranya: Aulia Nursyifa., S.Pd M.Pd, Feb Amni Hayati, S.Pi, MH, Dini Handayani, S.Pd M.H, Endang Prastini, S.PdI, MH. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan melalui Zoom dari tanggal 19-21 Desember 2020.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dihadiri oleh RW 02 Benda Baru, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Tangerang Selatan, Ikatan Bidang Tangerang Selatan,  warga RW 02, tim dosen pengabdi, dan mahasiswa.

Ketua RW 02, Cecep Syarifudin mengatakan, bahwa kami dari warga Pamulang sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Dosen Universitas Pamulang, memang benar peran perempuan sangat penting sebagai garda depan teruma dimasa pandemi ini.

Selaras dengan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Drs. H. Alinurdin M.Pd mengungkapkan, bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat sangat penting memperkuat ketahanan keluarga karena banyak ujian yang harus dilalui ditengah pandemi Covid-19.

Materi pertama yang dipresentasikan oleh Aulia Nursyifa S.Pd., M.Pd tentang “peran perempuan dalam memperkuat ketahanan keluarga dalam perpektif sosiologi”.

Materi kedua yang disampaikan oleh Feb Amni Hayati, S.Pi, MH tentang peran perempuan dalam meningkatkan kreativitas dan ekonomi keluarga ditengah pandemi”.

Materi ketiga disampaikan Endang Prastini, S.PdI, MH  dan Dini Handayani, S.Pd M.H dengan tema“perempuan memiliki kekuatan secara psikologis ditengah pandemi”.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga dilakukan diskusi kepada para peserta tentang berbagai permasalahan perempuan maupun keluarga ditengah pandemi Covid-19.

Ketua pelaksana pengabdian kepada masyarakat, Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd menuturkan, bahwa  kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai bentuk kontribusi Universitas Pamulang dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama para ibu untuk tetap semangat sebagai garda terdepan keluarga pada masa pandemi Covid-19, Selamat Hari Ibu untuk semua ibu di Indonesia. (TIM)

Penulis : Aulia Nursyifa., S.Pd M.Pd, Feb Amni Hayati., S.Pi, MH, Dini Handayani, S.Pd M.H Endang Prastini, S.PdI, MH (Dosen Universitas Pamulang)

Berita Terkait

Leave a Comment