banner
pokja wartawan tangsel

Peringati HPN 2018, Pokja WartawanTangsel Gelar Diskusi Publik Jurnalis Zaman Now

Serpongupdate.com – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Kelompok Kerja  Wartawan Kota Tangerang Selatan menggelar diskusi publik refleksi mengambil tema “Peran dan Tantangan Jurnalis Zaman Now”  bertempat di Aula Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro, pada Jumat (09/02/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Kabid Smartcity  dan Teknologi Informasi pada Diskominfo Kota Tangsel Sodikin, Pengamat Media Dedi Kurnia, Wartawan Senior Hasan kurniawan, dan Sony Majid.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokja Wartawan Kota Tangsel, menurutnya pers dan Pemerintah daerah adalah dua pihak yang saling membutuhkan.”Rekan pers membutuhkan berita sementara pemda pun membutuhkan sosialisasi dalam program dan kebijakan,” ujar Airin.

Dikatakan Airin, era saat ini pers memiliki peranan yang signifikan, powerfull, terbuka dan independen semakin maju. Ada istilah bahwa pena wartawan lebih tajam oleh karenanya agar dapat membuat berita yang dapat dipertanggungjawabkan.”Ada tanggung jawab pers yang lebih besar kepada publik,dan tentunya kepada Tuhan,” ujar Airin.

Ditambahkan Airin, Pemkot Tangsel tidak pernah alergi dengan kritik dan saran untuk pembangunan.”Masukan melalui media, tatap muka bahkan musrenbang selalu kami serap masukan dari masyarakat, kritikan dan masukan mendorong kami dalam meningkatkan pelayanan publik,” ucap Airin.

Lanjut Airin, konteks zaman now, kepala daerah sangat membutuhkan pers dalam sosialisasi kebijakan dan program untuk masyarakat.”Kalau dahulu kepala daerah asalkan turun ke masyarakat, namun dengan kehadiran pers membantu menyampaikan informasi dan program ke masyarakat lebih luas lagi,” tutur Airin.

Kabid Smartcity dan Teknologi Informasi pada Diskominfo Kota Tangsel, Sodikin mengatakan, jurnalis jaman now diharapkan senantiasa meningkatkan kemampuan sumber daya dalam era perkembangan teknologi yang semakin berkembang.”Kami sebagai OPD di Pemkot Tangsel bermitra dengan pers dalam menyampaikan informasi dan program Pemkot Tangsel kepada masyarakat,”ucapnya.

Pengamat media dari Telkom University, Dedi kurnia mengatakan tantangan jurnalis zaman now adalah kehadiran media sosial dan citizen jurnalis. Dimana era saat ini siapa saja dapat menginformasikan yang dilihatnya.”Oleh karena itu jurnalis harus terus meningkatkan kemampuan menulisnya kalau tidak akan tergerus dengan pengaruh citizen jurnalis,” tandasnya. (ccp)

 

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *