26.2 C
Tangerang Selatan
Minggu, 18 April 2021
Serpong Update
EDUCATION

Perpustakaan Masjid Al-Hakim BSD Kampanyekan ‘Ayo Membaca’

Perpustakaan Masjid Al-Hakim BSD  telah mengkoleksi sekitar 3.000 judul buku dengan berbagai kategori.

Selain untuk beribadah, banyak pengetahuan diperoleh di masjid. Kini banyak masjid dilengkapi dengan perpustakaan. Dengan demikian, ketika orang datang ke masjid,  tidak saja  bisa  menunaikan ibadah, melainkan juga menambah ilmu pengetahuan melalui membaca.

Sehingga masjid harus dilengkapi dengan sarana khusus, yaitu tempat menyimpan buku dan sekaligus ruang  membaca serta orang yang bertugas menjaga dan merawatnya. Dengan begitu  masjid tidak saja dijadikan tempat  shalat tetapi juga lainnya. Di  masjid  yang dilengkapi dengan perpustakaan, maka  orang-orang selain berhasil  menambah ilmu pengetahuan,  sekaligus juga tempat rekreasi. Dengan membaca, maka  orang akan  mendapatkan hiburan tersendiri.

Salah satunya adalah Perpustakaan Umum Islam Al Hakim BSD yang berlokasi di Sekotor 12, Kencana Loka BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Di bawah naungan Yayasan Masjid Al- Hakim, perpustakaan yang berdiri sejak tahun 2007 itu, kini telah mengkoleksi sekitar 3.000 judul buku dengan berbagai kategori.

Ruang perpustakaan  seluas   60 meter persegi berpendingin udara tersebut, juga dilengkapi audio visual dan ruangan khusus untuk membaca dan berdiskusi. Untuk mengakomodir keinginan warga sekitar dan jemaahnya ini, perpustakaan Al-Hakim  dibuka untuk umum dari jam 09.00-16.00 WIB setiap hari Senin-Jumat dan hari Sabtu jam 09.00-12.30 WIB.

Perpustakaan Al-Hakim yang dikelola oleh 9 orang juga memiliki beberapa agenda, di antaranya bedah buku, pelatihan penulisan dan kerjasama dengan berbagai penerbit untuk menggelar bazar buku dan lainnya.  “Perpustakaan Al-Hakim BSD ini, juga terbuka untuk umum. Dan bisa menjadi salah satu salah satu tempat meluangkan waktu Anda untuk menambah wawasan, menyusun skripsi, diskusi dan tempat rekreasi membaca , “ papar drg. Wahyu Susilowati

Tapi dengan pengelolaan yang baik dengan fasilitas yang mumpumi, serta menumbuhkan minat baca di masyarakat.Dirinya yakin, perpustakaan bisa menjadi salah satu tempat kunjungan di akhir pekan.Tujuan Perpustakaan Al Hakim adalah mengkoleksi buku-buku  referensi Islam yang bermutu dan memasyarakatkan tradisi ilmu melalui kepustakaan.

“Kegiatan lain perpustakaan Al Hakim dalam rangka mengkampanyekan gemar  membaca, yakni dengan program ‘jemput bola’ ,  dimana kami selaku pengelola  secara rutin menjemput mereka yang ingin membaca buku di perpustakaan dan mengundang motivator dalam acara bedah buku,” terang dr.Rini Rosianti, Sp.KK.

Perpustakaan Al Hakim  juga menerima infaq untuk pengembangan koleksi buku-buku dan fasilitas lainnya.

 

Berita Terkait

Leave a Comment