gigi

Poli Gigi RSU Tangsel Buka Layanan Spesialis Prosto

Serpongupdate.com – Kerusakan dan kehilangan gigi memang sangat menggangu. Kehilangan gigi membuat kegiatan sehari-hari seperti mengunyah dan bicara menjadi sulit dan tidak nyaman.

RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini menyiapkan klinik gigi spesialis prosto. Prosto sendiri merupakan pembuatan restorasi gigi asli atau penggantian gigi hilang beserta jaringan lunak rongga mulut dan maksilofasial.

Rehabilitasi rongga mulut dilakukan dengan  menggunakan bahan pengganti buatan, contohnya yaitu pembuatan gigi tiruan cekat dan lepasan.

Dokter Gigi Spesialis Prosto, drg. Achmad Royhan, Sp.Prost mengatakan, bahwa bidang prosto ini berfokus untuk merehabilitasi rongga mulut.

“Di kedokteran gigi itu ada spesialisnya macem-macem. Kalau prosto itu sendiri lebih ke rehabilitasi rongga mulut, jenisnya macem-macem contohnya seperti gigi habis dicabut, kan giginya hilang dan harus direhabilitas giginya dengan gigi tiruan agar bisa mengembalikan gigi ke fungsi aslinya,” tutur Royhan, Jumat (4/10).

gigi 1

Royhan pun, menjelaskan gigi tiruan ini berbeda-beda jenisnya, ada yang permanen atau yang bisa dilepas pasang. Menurutnya, itu semua tergantung indikasi dari hasil pemeriksaan.

“Jenis gigi tiruan yang dibutuhkan pasien tergantung dari indikasinya, misalkan dari jumlah kehilangan giginya. Contohnya, pada pasien yang kehilangan semua giginya, maka fungsi pengunyahan menjadi sangat terganggu. Pada pasien seperti ini perlu dibuatkan gigi tiruan penuh untuk mengembalikan fungsi pengunyahannya,” ungkapnya.

Selain mengembalikan fungsi gigi untuk bisa mengunyah seperti biasanya, gigi tiruan juga membantu mengembalikan fungsi bicara.

“Pada pasien pasca operasi seperti tumor atau kista rongga mulut kadang terdapat jaringan tulang atau jaringan lunak yang dibuang, sehingga dibutuhkan protesa maksilofasial untuk mengisi rongga tersebut. Nah, di RSU Kota Tangserang Selatan ini dokter spesialis prosto bekerjasama dengan dokter spesialis bedah mulut dalam penanganan kasus yang seperti ini,” ucap Royhan.

gigi 3

Lanjutnya, untuk perawatan gigi tiruan sebaiknya dilakukan kontrol rutin setiap enam bulan.”Pantangannya memang tidak ada, tapi tentu berbeda antara gigi imitasi dengan gigi aslinya. Kalau perawatan, harus dicek per enam bulan,” imbuhnya.

Selama tiga tahun berjalan, spesialis gigi prosto mendapatkan antusiasme yang sangat luar biasa dari kalangan masyarakat, terutama di kalangan lansia.”Kami praktIk Selasa-Rabu-Jumat dan antusias masyarakat sangat baik,” ucap Royhan.

Nah, bagi masyarakat Tangsel yang membutuhkan gigi tiruan atau ingin memeriksakan giginya, Anda bisa datang dan berobat ke RSU Tangsel. (ADV)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *