29 C
Tangerang Selatan
Minggu, 16 Mei 2021
Serpong Update
EDUCATION

Polres Lebak Ikuti Pelatihan Jurnalisme Kepolisian

Serpongupdate.com  – Usai dibuka secara virtual oleh Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto, Senin pekan lalu (12/4) di Aula Mapolda Banten, kini pelatihan Jurnalisme Kepolisian dilanjutkan untuk personel jajaran Polres Lebak di Aula Mapolres Lebak, Kamis (15/04/2021).

Dengan mengambil materi ‘Jurnalisme Dasar dan Jurnalisme Kepolisian’ serta ‘Menulis Berbasis 5W 1H dan Deskripsi’ yang dibawakan oleh narasumber tunggal yaitu Suryadi, M.Si, seorang praktisi yang juga Pendiri/ Ketua Dewan Pembina Pusat Studi Komunikasi Kepolisan (PUSKOMPOL), Jakarta.

Pelatihan Jurnalisme Kepolisian ini diikuti oleh personel fungsi Humas dan Bhabinkamtibmas Polres Lebak, selain itu ada juga jurnalis mitra (jurnalis yang sehari-hari melaksanakan tugas-tugas jurnalistik di lingkungan Polres Lebak).

Kapolda Banten Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto menegaskan jika peran Pers dalam institusi Polri sangat strategis. Jadi diperlukan sinergitas Polri – Pers untuk membangun kepercayaan publik.

“Kapolri telah bertekad mewujudkan Polri yang PRESISI. Untuk itu, Polda Banten menjadikan Penguatan Manajemen Media sebagai salah satu kebijakan prioritas,” ungkap Rudy Heriyanto.

Kapolda juga mengatakan hubungan dengan media, khususnya dengan jurnalisnya, menjadi begitu penting dan strategis dalam bersinergi untuk melahirkan kemasan informasi yang edukatif bagi masyarakat.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi berharap selesai pelatihan, para peserta giat berlatih hingga memiliki kedalaman pemahaman tentang jurnalisme dan keterampilan menulis dalam format jurnalistik.

“Tidak monoton, pelatihan dilaksanakan dengan presentasi dipadu dengan diskusi dan praktik. Disertakannya jurnalis adalah agar sinergi dapat terbangun dimulai dari saling tukar pikiran jurnalis dengan SDM Polri,” imbuh Kombes Edy Sumardi.

Dalam kesempatan ini juga, Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana melalui Wakapolres Lebak Kompol Bambang Supeno menyampaikan agar peserta yang hadir mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, pelajari dan pahami materi yang disampaikan oleh narasumber.

“Jangan malu untuk bertanya, agar kedepannya kita bisa menciptakan Jurnalisme damai,” pesan Kapolres. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment