banner
umb

Rektor UMB : Antara Golf dan Buku

Serpongupdate.com – Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Ir. Ngadino Surip, MS meluncurkan sebuah buku berjudul “Golf ditinjau dari Perspektif Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia” kegiatan tersebut dihadiri oleh civitas akademika Universitas Mercu Buana dan anggota KADIN.  bertempat di New Kuta Golf Course, Uluwatu, Provinsi Bali. (30/11/19).

Acara launching ini merupakan salah satu rentetan dari serangkaian acara Workshop/Coaching dan Seminar Nasional “Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Dalam Rangka Penyiapan Sumberdaya Manusia Unggul dan Berdaya Saing Internasional” yang sudah dilakukan Universitas Mercu Buana sejak tanggal 28 November 2019.

Buku “Golf ditinjau dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia” disusun oleh Prof. Dr. Ir. Ngadino Surip, MS dan Dr. Ir. Antonius Setyadi, MBA selaku pengajar UMB, merupakan buah dari pengalaman kedua orang penulis yang sudah lama berkecimpung dalam olahraga golf. Tak dinyana, ternyata golf memiliki kaitan secara tidak langsung dengan ilmu manajemen sumber daya manusia. Hal ini terkait dengan golf sebagai alat training yang jika diterapkan akan menghasilkan 5 karakter unggul.

Dalam launching tersebut, Prof. Ngadino mengatakan, bahwa ada 5 karakter yang terbentuk dari olahraga golf, yakni: kejujuran, keikhlasan, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Sebagai contoh, karakter kejujuran dapat terbentuk dari permainan golf melalui kebiasaan menghitung dengan jujur, dapat melawan ego diri, dan tidak mudah menyalahkan caddy yang menemani, karena pada dasarnya yang dilawan dalam olahraga ini adalah dirinya sendiri. Tidak ada lawan yang berhadap-hadapan secara nyata sebagaimana olahraga lainnya.

Prof. Ngadino juga menambahkan bahwa golf merupakan olahraga yang paling murah jika dilihat dari sisi unit manfaat. Saat bermain golf, seluruh penat sehari-hari hilang tersapu oleh embusan angin yang sejuk. Para golfer pun menjadi lebih sehat karena setidaknya dibutuhkan jarak 5 kilometer jalan kaki jika hendak memutari golf course yang luasnya sekira 40 hektare itu. Adapun harga golf club, bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial, bahkan ada golf club “second hand” yang harganya terjangkau.

Pada kesempatan tersebut, Pak Setyadi yang juga penulis buku ini, berpesan bahwa para pimpinan perusahaan sangat perlu menguasai olahraga ini, karena akan bermanfaat untuk skill kepemimpinan dan manajerialnya. Itu pula yang dirasakan oleh beliau yang juga seorang pengusaha sukses. (rls)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *