banner
7

Robot Automatic Market dari Mts 1 Tangsel Ikut Kompetisi Robotic di ICE BSD City

Serpongupdate.com – Terinspirasi dengan pekerja yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berbanja kebutuhan makanan dan minuman di supermarket menjadi ide untuk dibuat Automatic Market oleh pelajar Mts 1 Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Mesin Automatic Market, karya tiga siswa yakni, Izzatil Ishmah, Reva Nailatuddhuha dan Rildha Nur’ain Fiddya  ikut adu ketangkasan dalam lomba robotic di Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) 2019 yang diadakan oleh Sinar Mas Land.

“Kami membuat robot automatic market ini membantu pekerja saat berbelanja di supermarket,” ujar Izzatil Ishmah siswi kelas 8 dari Mts 1 Pamulang saat kompetisi robotic yang berlangsung di ICE BSD City pada Minggu, 14 April 2019.

Adapun cara kerja robot ini menggunakan 2 touch sensor, yakni 1 touch sensor untuk menggerakkan keranjang belanja dan satu sensor lagi untuk menggerakan motor yang digunakan untuk membawa barang belanjaan yang dibeli untuk bayar ke kasir.

“Sedangkan sensor cds untuk menditeksi cahaya yang ada untuk menyalakan led sensor yang ada di dinding, dan IR sensor untuk menditeksi  adanya benda hitam atau benda yang menyentuhnya. Lalu Servo akan bergerak dan membuka plang. Untuk semua program ada di mainboard,” terang Izzatil yang mengikuti program eskul robotic setiap hari Jumat di Mts 1 Pamulang.

Sebagai informasi. Empat pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTS) 1, Pamulang, Kota Tangsel meraih juara satu pada kategori Creative Design dan Humanoid Mission dalam kompetisi robotik  International Youth Robot Competition (IYRC) di Beijing, Cina, pad Agustus 2018 lalu. Keempat pelajar itu adalah Nabile Zidane Almunir, Zidanel Faya Rezki, Izzatil Ishmah dan Givan Chiragia.(sbr)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *