25.8 C
Tangerang Selatan
Rabu, 22 September 2021
Serpong Update
Gallery

Rumahnya Berhadapan dengan Pemakaman Covid-19 di TPU Selapajang, ini Reaksi Warga

Serpongupdate.com – Lubang kubur yang diperuntukan bagi jenazah covid19 di TPU Selapajang pada sisi utara semakin mengalami penambahan sehingga semakin dekat dengan pemukiman warga di RT.009/RW 02. Hal ini seiring dengan naiknya angka kematian Covid-19 di di Kota Tangerang

Meski demikian, warga sama sekali tidak merasa khawatir atau takut disaat aktivitas pemakaman meningkat ataupun dampak lainnya.

 “Ya buat kami sudah biasa, kemarin bahkan lebih ramai,” ujar Marwiah warga RT.009/02 Selapajang Jaya yang rumahnya berhadapan dengan makam jenazah Covid-19.

Ia merasa tidak bisa berbuat apa-apa juga lantaran tanah pemakaman yang digunakan untuk memakamkan jenazah pasien Covid-19 yang berdekatan dengan huniannya adalah milik pemerintah. “Itu bukan tanah kami, ya mau gimana lagi,” ungkapnya saat ditemui dilokasi, Sabtu (3/7).

Pantauan wartawan di lokasi, jarak antara hunian warga dan area makam khusus jenazah Covid-19 di sisi utara tersebut hanya berkisar 5-10 meter saja.

Sejumlah anak pun tampak biasa bermain di depan rumah mereka yang berseberangan langsung dengan pemakman tersebut. Mereka pun tak merasa risih adanya aktivitas pemakaman pasien jenazah Covid-19 yang saat ini meningkat.

Kepala UPT TPU Selapajang Yuri saat ditemui di kantornya menuturkan, saat ini lahan kurang lebih seluas 3.000 meter terpakai untuk pemakaman jenazah covid19. Meski demikian secara keseluruhan lahan yang disiapkan ada sekitar 6.000 meter.

“Untuk ketersediaan lahan 3.000 meter saya rasa masih cukup lah, InsyaAllah kami yakin cukup. Kami pun berharap semoga ini cepat selesai,” katanya.

Dirinya pun mengakui bahwa dalam beberapa akhir minggu ini terjadi lonjakan pemakaman, dalam sehari paling tinggi bisa memakamkan hingga 15-20 orang.“Biasanya sebelumnya seminggu dua atua tiga orang, kemarin paling banyak sempat 20 orang dalam sehari,” imbuhnya.

Ia menambahkan meski ditengah kodisi seperti ini pihaknya berkomitmen tetap melayani masyarakat dengan maksimal. Para pekerja ditambah jam kerjanya hingga pukul 20.00 WIB dari biasanya pulang pukul 16.00 WIB. (Fjn)

Berita Terkait

Leave a Comment