banner
rw gaul

RW GAUL Pondok Jaya, Bisa Jadi Role Model Kurangi Sampah

Serpongupdate.com – Tumpukan sampah yang semakin menumpuk di lokasi pembuangan akhir menggambarkan keterbatasan  dalam pengelolaan sampah yang masih sangat minim. Hingga kini persoalan sampah  masih jadi momok dan diperlukan pihak terkait untuk menanggulanginya.

Warga RW 02  Pondok Jaya, Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  merupakan pelopor dalam Program RW GAUL. Program RW GAUL sendiri berawal dari kepedulian Giant kepada lingkungan.

rw gaul 1

GM Corporate Affarais Giant, Tony Mampuk mengatakan, program RW GAUL sebagai bentuk kepedulian akan isu lingkungan terhadap pengelolaan sampah. Selain itu juga dukungan terhadap kampanye pemerintah yang menetapkan target pengelolaan sampah yang ingin dicapai 100 persen sampah terkelola dengan baik dan benar pada 2025 mendatang yaitu Indoensia bersih sampah.

“Warga dibantu Relawan RW GAUL (Giant Aksi untuk Lingkungan) membuang sampah organik yang masih dapat dimanfaatkan ke dalam komposter dan bermanfaat. Sehingga Warga RW 02 bisa mengurangi sampah sekitar 40 persen,” ujar Tony Mampuk, GM Corporate Affairs Giant, Minggu (15/4).

TOTO

Sementara itu, Kepala DLH Kota Tangsel, Toto Sudarto mengatakan, dengan adanya program RW GAUL diharapkan menjadi percontohan atau role model  di wilayah lain di Kota Tangsel. Menurutnya, ada inisiasi masyarakat baik yang harus kita respon, mudah-mudahan berjalan baik dengan dukungan pihak terkait dan stakeholder saat acara syukuran Warga GAUL.

Sedangkan Ketua RW O2 Pondok Jaya, Pondok Aren, Suryadi sangat mengaprsiasi program RW GAU. “Sejak adanya program ini, sampah di RW tersebut berkurang. Adapun cara pengelolaan sampah yaitu residu, organik dan non organik. Bahkan, dari pengelolaan sampah ini berhasil menciptakan koperasi,” terang dia.(sbr)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *