saq

Sekolah Quran Al-Ihsan Serpong Ajak Santri Wisata Edukasi di Scientia Square Park

Serpongupdate.com – Untuk mengenalkan alam sebagai ciptaan Allah YME kepada para anak didiknya.Sekolah Qur’an Al-Ihsan (SAQ) yang berlokasi di Komplek Astek, Kelurahan Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang  Selatan (Tangsel) mengadakan wisata edukasi ke Scientia Square Park (SQP Park) di Gading Serpong, Tangerang.

padi

“Tujuan kegiatan field trip adalah mengenalkan kepada Santri SAQ tentang ayat-ayat Alquran, yang ada di alam dan di diri mereka sendiri,” ujar Ustdzah Khodijah selaku Penanggungjawab Field Trip SQA, sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa Taala yang artinya: Dan di bumi terdapat ayat-ayat (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” QS Adz-Dzariyat ayat 20-21.

Kegiatan field trip yang berlangsung pada Hari Selasa, 24 September 2019  di SQPPark. Sejumlah santri Sekolah Quran Al Ihsan mengikuti kegiatan, yakni antara lain :

tanah

Ice breaking, dimana santri, melakukan pemanasan ringan dan proses penyatuan emosi serta berdoa agar kegiatan berjalan dengan baik.Kreasi anak, dengan mengembangkan kreatifitas anak melalui media tanah liat kemudian dicetak.Feeding animal, untuk mengenal dan mempelajari seluk beluk hewan yang ada di area learning farm, sekaligus memberi makan  kelinci, ikan, kuda, burung, kerbau dan kupu-kupu. Planting, dimana santri mengetahui cara bercocok tanam melalui media tanah dan hidroponik. Pengenalan tanaman, santri  mengetahui dan mengenal beberapa tananam yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan area persawahan untuk mengetahui dan belajar proses bertani dan para santri mempraktikkan langsung cara bercocok tanam.

kerbau

Lebih lanjut Khodijah menjelaskan, bahwa kegiatan ini juga dapat menambah ilmu dan wawasan tentang alam dan lingkungannya. Wisata edukasi ini, sebagai salah satu cara mengasikkan dan tidak membosankan kepada para santri untuk mencintai alam ditengah rutinitas belajar.“Bersyukur kepada Allah SWT, atas lancarnya kegiatan ini dan santri SAQ merasa senang dan bersemangat,” pungkasnya. (red)

hewan

 

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *