26.4 C
Tangerang Selatan
Selasa, 4 Oktober 2022
Serpong Update
Gallery

Semarak Tahun Baru Imlek 2571 di Wihara Kwan In Thang Pondok Cabe

Serpongupdate.com – Perayaan Tahun Imlek 2571 di Wihara Kwan In Thang yang terletak di Jalan Pondok Cabe Raya, Pondok Cabe, Pondok Cabe, Pamulang, Jumat (24/1/2020), dipadati Ratusan etnis Tionghoa  berjalan begitu meriah.

Ketua Yayasan Wihara Kwan In Thang, Awan Setiawan menjelaskan, setidaknya terdapat ratusan umat yang merayakan Imlek di wihara yang sudah beridiri sejak tahun 90-an ini.”Ratusan warga Tionghoa, kebanyakan dari Tangsel. Karena umat di wihara ini juga semakin bertambah,” jelas Awan di lokasi.

Ia menuturkan, selain sembahyang dan memanjatkan doa, para pengunjung yang merayakan Imlek, serta warga sekitar pun disuguhkan  atraksi barongsai dan atraksi lain yang membuat perayaan Imlek semakin semarak.”Ia berharap semoga pada tahun Tikus Logam ini, bisa menjadi lebih baik, serta rezekinya juga bisa lebih lancar. Semoga kemeriahan malam ini juga dapat membawa kita pada kebaikan,” harapnya.

Diiringi dengan tabuhan tambur, barongsai mulai beraksi. Aksinya itu membuat para pengunjung wihara terkesima. Maka tak ayal, sejak pertama kali beratraksi, barongsai itu mampu menyedot banyak perhatian pengunjung.

Tak hanya itu, di sisi lain terdapat pula satu hal yang membuat acara semakin meriah, yaitu hadirnya seorang yang berperan sebagai Dewa Rezeki atau lebih dikenal ileh etnis Tionghoa dengan sebutan Cai Shen.

Tanpa waktu lama, Dewa Rezeki itu lamgaung diserbu umat, dan warga sekitar. Ternyata, kehadirannya benar-benar membawa rezeki. Dengan membawa sebuah kantong, ia membagikan angpau berisi uang. “Tapi sebelum dia bagikan uang, dia (orang yang berperan sebagai Dewa Rezeki) berdoa dulu di rupang Dewa Rezeki, ibaratnya untuk mohon izin,” ujar Awan.

Alhasil, banyak tawa dan senyum yang tercurah saat Dewa Rezeki itu membagikan angpau. Kemeriahan pun tak sampai di situ. Kemeriahan semakin memuncak, saat tepat pukul 00.00 WIB. Ratusan kembang api yang warna-warni terlontar ke udara.

Selama hampir sekitar lima menit kembang api itu terlontar ke udara, para pengunjung pun menutup malam perayaan tahun baru Imlek itu dengan ucapan “Gong Xi Fat Cai”.

Momen itu pun sangat berharga, tak sedikit pengunjung yang mengabadikan momen itu. Bahkan, ada pula yang menjadikan momen itu untuk memanjatkan harapan dan doanya.

Seperti, Hana, seorang wanita asal Ceger, Pondok Aren, Tangsel yang merayakan Imlek di wihara tersebut. “Jadi seiring kembang api terbang ke udara, kita selipkan harapan dan doa, agar bisa lebih baik lagi,” ucap Hana.

Dengan ditemani dua anak kecilnya, Hana mengungkapkan, perayaan Imlek di wihara Kwan In Thang kali ini berjalan begitu ramai dan meriah. “Ya senang, saya tiap tahun merayakan di sini. Kali ini ramai sekali, meriah. Anak-anak juga senang,” ungkapnya. (ccp)

Berita Terkait

Leave a Comment