29.4 C
Tangerang Selatan
Senin, 15 Juli 2024
Serpong Update
GADGET

Shopee Danai Pengembangan Pengusaha Muda Indonesia

Shopee, aplikasi mobile social marketplace pertama dengan gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia, mengumumkan komitmen Rp 100 milyar yang akan dialokasikan untuk terus mendorong lebih banyak anak muda Indonesia menjadi entrepreneur di tanah air dan mendukung mereka yang telah mmemulai bisnis, terutama dalam industri kreatif.

Mengambil momen Indonesia E-Commerce Summit and Expo 2016 di ICE BSD yang berlangsung 27-29 April 2016, CEO Shopee Chris meluncurkan inisiatif ini.

“ Pengusaha muda ketika memulai sebuah bisnis biasanya menghaapi 3 tantangan terbesar, yaitu pengetahuan tentang bisnis, teknologi daan modal. Dengan investasi Rp 100 milyar ini. Shopee meluncurkan Young Entrepreneur Program sebagai bentuk komitmen jangka panjang untuk mendukung pengusaha muda di Indonesia untuk memulai daan mengembangkan bisnis mereka secara online,” ungkap Chris.

Chris melanjutkan, dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 240 juta jiwa.Di tahun 2015, tercatat pengusaha Indonesia hanya kurang dari 2%, dan 0,8% adalah pengusaha dibawah umur 40 tahun.Padahal anak muda terkenal sebagai yang sering melahirkan ide-ide bisnis kreatif, terutama dalam beberapa subsector industri kreatif seperti fashion, kuliner, kerajinan dan seni rupa.

Salah satu yang telah dimulai oleh Shopee di 2016 sebagai bagian dari Young Entrepreneur Program adalah melakukan ajang pencarian pengusaha muda di kampus-kampus seluruh Indonesia.

“Kampus merupakan fokus utama kami menjalankan inisiatif ini. Salah satu yang sedang dijalankan adalah Shopee Campus Competation, yang dimulai sejak Maret 2016 lalu. Sebanyak 230 mahasiswa dari 89 universitas seluruh Indonesia berpartisipasi dalam program ini dengan mengirimkan ide bisnis mereka. Setelah melewati pelatihan secara profesional dan benar-benar mencoba berjualan melalui platform Shopee selam 2 bulan, kami akan mengumumkan pemenang di akhir April ini. Pemenang akan mendapatkan Shopee Young Entrepreneur Fund, yaitu modal untuk mengembangkan bisnis mereka lebih jauh,” jelas Chris.

Berita Terkait

Leave a Comment