26.1 C
Tangerang Selatan
Minggu, 17 Oktober 2021
Serpong Update
HEALTH

Siloam Hospitals Kebon Jeruk Kampanyekan Cegah Penyakit Jantung

Serpongupdate.com – Dalam rangka memperingati World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia yang diperingati setiap tanggal 29 September, Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta Barat mengadakan seminar edukasi kesehatan jantung untuk awan dan pasien jantung rumah sakit.

Seminar yang mengusung tema “Be a Heart Hero” ini,  berlangsung pada Senin, 23 September 2019, dengan menghadirkan dua pembicara, yakni Spesialis Jantung & Pembuluh Darah dr. Leonardo Paskah Suciadi. Sp.JP dan Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dr. Tetty MD Hutabarat, Sp.FKR.

jantung 4

Spesialis Jantung & Pembuluh Darah dr. Leonardo Paskah Suciadi. Sp.JP mengingatkan, penyakit jantung tidak hanya menyerang usia lanjut saja, tapi mulai bergeser ke usia yang lebih muda. Untuk itu perlu menebarkan awarness penyakit ini, dimana penyakit jantung merupakan salah satu kasus yang paling banyak penyebab angka kematian di Indonesia.“Di Siloam Hospitals Kebun Jeruk ada pasien penyakit jantung berusia 31 tahun,” ujar dr. Paskah

Untuk itu, Siloam Hospitals merangkul berbagai pihak antara lain pasien jantung, masyarakat dan  komunitas, agar memiliki kesadaran sejak dini serta menularkannya kepada orang di sekitar lingkungan untuk mengkampanyekan hidup sehat.

Dalam seminar edukasi pentingnya untuk memperhatikan kesehatan jantung, dr. Paskah mengajak peserta untuk menjadi pahlawan jantung “Be a Heart Hero” dengan mengkampanyekan atau  mengingatkan orang lain untuk menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok, serta rutin berolahraga.

jantung 6

“Dan bagi yang sudah menjalani operasi bypass jantung untuk rutin melakukan cek kesehatan jantung, dan minum obat sesuai petunjuk dokter,” ujar dr. Paskah yang menyarankan segera melakukan cek kesehatan  secara berkala, terutama bagi mereka yang sudah berusia diatas 40 tahun, rentan terkena penyakit jantung coroner, akibat dari kebiasaan makan dengan makanan yang tinggi akan kandungan lemak.

Sementara itu, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dr. Tetty MD Hutabarat, Sp.FKR mengingatkan, bahwa jantung yang sehat tentu mampu membuat hidup dan jiwa yang sehat.

jantung 1

“Namun begitu, makanan yang kita konsumsi dan aktivitas yang kita lakukan tentunya dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Latihan fisik merupakan tindakan preventif yang sangat diperlukan untuk pencegahan penyakit jantung,” paparnya.

Untuk itu, Siloam Hospitals Kebon Jeruk secara rutin menggelar seminar edukasi untuk saling sharing dan berbagi pengalaman.“Keberadaan komunitas jantung disini, sangat penting terutama untuk mensosialisasi pentingnya menjaga kesehatan jantung. Aktivitas fisik yang terkontrol secara perlahan mengembalikan ketahanan fisik dari penderita penyakit jantung. Sebagain besar penderita penyakit jantung dapat kembali beraktivitas normal setelah menjalani tindakan dan minum obat yang tepat,” terangnya.

jantung 5

“Ayo, mulai perbaiki gaya hidup keluarga menjadi lebih sehat, dengan mengurangi makanan berkolesterol tinggi hingga olahraga teratur minimal 30 menit setiap hari, serta menjaga berat badan,” pungkas dr. Tetty. (sbr)

Berita Terkait

Leave a Comment