banner
sml

Sinar Mas Land dan SMPN 20 Tangsel Gelar Webinar Kesadaran Diri

Serpongupdate.com – Masa remaja merupakan tingkat paling menentukan bagi kehidupan manusia. Agar tidak sampai salah jalan, para remaja perlu dibekali kesadaran terhadap diri sendiri atau self awareness. Hal tersebut menjadi latar belakang Sinar Mas Land BSD City bersama SMPN 20 Kota Tangerang Selatan dalam mengadakan Webinar Pendidikan dengan tema self awareness atau kesadaran diri melalui aplikasi Zoom pada Kamis (23/6).

Self awareness sejatinya diperlukan setiap insan pada seluruh rentang usia, khususnya dipupuk pada masa remaja. Melalui kesadaran diri, remaja akan mengerti tentang penyebab dia merasakan dan segala hal yang dirasakan.

“Pemahaman ini berdampak pada tingkat kepercayaan diri, cara komunikasi, pembawaan perasaan, kreativitas, dan cara belajar,” ucap Sylvia Adriana, tutor sentra buku dan sentra bermain Rumah Pintar BSD City yang menjadi pengisi materi webinar itu.

Sylvia melanjutkan kesadaran diri merupakan pengetahuan mengenai alasan-alasan dari tingkah laku atau pemahaman diri sendiri. Menurutnya, tema ini sangat penting untuk perkembangan emosi para remaja. Remaja harus mulai mampu menentukan sejauh mana mereka dapat mengerti, memahami keadaan dan menerima banyak hal yang terjadi dalam hidup.

Webinar tersebut adalah acara kedua dari kolaborasi antara CSR Sinar Mas Land dengan SMPN 20 Tangerang Selatan dalam rangkaian pembelajaran tentang Literasi Kesehatan Jiwa. “

Kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk pendampingan CSR Sinar Mas Land pada sekolah-sekolah sekitar BSD City,” ujar CSR Department Head BSD City Sinar Mas Land, Maria Chatarina.

Pihaknya secara rutin membuat berbagai edukasi via luring atau offline (sebelum masa pandemi) maupun daring (selama masa pandemi) sebagai stimulus bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan.

Selain itu, webinar ini menjadi bagian dari pengembangan sentra buku Rumah Pintar BSD City yang diselenggarakan oleh CSR Sinar Mas Land. Sebanyak 241 siswa kelas 8 dan 9 serta para guru SMPN 20 Tangerang Selatan mengikuti webinar tersebut.

SMPN 20 Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu institusi yang bergabung dalam Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), sebuah gerakan yang diwadahi oleh CSR Sinar Mas Land BSD City sejak 2017.

SMPN 20 Kota Tangerang Selatan telah banyak menuai manfaat selama mengikuti GSM. Salah satunya yaitu kenaikan peringkat sekolah di Tangerang Selatan. Guru Bidang Kurikulum SMPN 20 Tangerang Selatan, Heny Kristiani, S.Si., M.Pd., menerangkan dari yang awalnya tidak diperhitungkan, sekolah tersebut kini dapat masuk ke kelompok 10 besar SMP negeri terbaik di Tangerang Selatan.

“Meski masih minim fasilitas, sekolah yang berada di permukiman padat penduduk ini sekarang menduduki peringkat ke-3 sebagai SMP negeri terbaik di Kota Tangerang Selatan. Sekolah ini berhasil bertransformasi dalam hal peningkatan mutu dan kualitas,” pungkas Heny. (Rls)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *