banner
sml

Sinar Mas Land Melalui Gedung Perkantoran GOP 9 Raih Rating PLATINUM dari Green Building Council Indonesia

Proyek BSD Green Office Park (GOP) 9 berhasil meraih rating Platinum untuk Design Recognition dari Green Building Council Indonesia (GBCI).
Dengan pengakuan rating Platinum tersebut, semua komponen design BSD GOP 9 telah mengikuti persyaratan Green Building yang paling tinggi dari semua standard Green Building yang diakui di dunia Rating Platinum merupakan wujud nyata apresiasi dan pengakuan atas inisiatif serta komitmen kuat Sinar Mas Land terhadap pelestarian lingkungan serta memerangi pemanasan global

Jakarta, 10 Januari 2016, BSD Green Office Park (GOP) 9, proyek yang dikembangkan salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia yakni Sinar Mas Land, berhasil mencapai rating PLATINUM untuk Design Recognition. Pengakuan resmi ini dihasilkan lewat persidangan ketat dari Assessor Green Building Council Indonesia (GBCI) pada 11 Desember 2015. Dengan ini, semua komponen design BSD GOP 9 telah mengikuti persyaratan Green Building yang paling tinggi dari semua standard Green Building yang diakui di dunia, terutama untuk komponen hemat energi, hemat penggunaan air, low carbon emission, serta penghijauan yang didukung green roof untuk mendinginkan suhu dibawahnya.

BSD GOP 9 sendiri merupakan lot nomor 9 seluas 8.400 Sqm dengan available area lease 20.767,53 Sqm Semi Gross, berada di kawasan Green Office Park BSD City. Gedung perkantoran terbaru ini menjadi bagian dari kawasan BSD Green Office Park, distrik pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi “Gold” Green district dari BCA (Building Construction Authority) – Singapore. Pembangunan gedung perkantoran tersebut dilaksanakan sesuai dengan rencana, yaitu dimulai pada kuartal 4, 2014 dan diharapkan rampung serta dapat beroperasi pada kuartal 3, 2016.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land dalam siaran pers hari ini mengungkapkan,” Sertifikasi Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk proyek BSD GOP 9 ini merupakan wujud nyata apresiasi dan pengakuan atas inisiatif serta komitmen kuat Sinar Mas Land terhadap pelestarian lingkungan serta memerangi pemanasan global, dari lembaga independen GBCI. Kami memadukan kepentingan kegiatan bisnis/perkantoran serta konsep green building dengan suasana hijau alami di kawasan dalam perancangan dan pembangunan BSD GOP 9 agar menghasilkan bangunan perkantoran hemat energi dan ramah lingkungan yang dapat mendukung kesuksesan usaha dari penggunanya melalui efisiensi pemakaian energi dan sumber daya lainnya.”

Pendekatan Khusus BSD GOP 9

Pendekatan ramah lingkungan yang diangkat dalam pembangunan BSD GOP 9 meliputi pendekatan “passive effort” untuk mengurangi beban panas dengan orientasi bangunan, facade skin yang melindungi kaca sekaligus elemen dekoratif, bangunan single corridor dengan wilayah pusat yang memiliki full cross ventilation, juga dilengkapi sensor cahaya untuk mengurangi beban energi pada pencahayaan. Khusus untuk pendekatan ”Active efffort” diterapkan dengan memilih peralatan yang efisiensinya diatas standar SNI, baik AC, penerangan, fixture air dan menggunakan water recycling untuk mengurangi penggunaan air.

Ignesjz Kemalawarta, Head of Corporate Governance & Sustainable Development Sinar Mas Land menguraikan secara lebih mendalam,“Pada masa lalu, era 80an, sumber daya masih melimpah dan pemanasan global belum menjadi fakta yang menakutkan. Kini menatap masa depan untuk ikut memperbaiki kondisi lingkungan tidak ada jalan lain selain semua pihak berupaya menerapkan efisiensi energi dan air serta menerapkan low carbon development sekaligus memperhatikan penggunaaan material yang sesuai kaidah lingkungan dalam penataan sebuah Green Building.”

Lebih dalam dirinya juga menjelaskan bahwa dengan penerapan efisiensi energy pihak pengelola gedung akan diuntungkan dengan berkurangnya biaya energi, yang juga yang akan menurunkan biaya operasional bangunan dan akan lebih tahan terhadap kenaikan biaya energi di masa datang.

Spesifikasi Green Building

Bangunan yang dirancang dengan konsep green building, dikembangkan sebagai bangunan sehat dimana keberadaan udara segar (fresh air) sudah sejalan dengan standard international (ASHRAE). Oleh karena itu keberadaan CO2 akan dimonitor terutama di ruangan yang ditempati orang dalam jumlah banyak seperti ruang rapat dan auditorium, agar selalu berada di bawah ambang batas aman. Gedung tersebut juga akan menghindari penggunaan material beracun seperti cat dengan kandungan VOC rendah, alat perekat bebas formaldehyde, pelarangaan asbestos, pelarangan aktivitas merokok serta suhu dan kelembaban yang diatur sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

Bangunan yang dikembangkan dengan konsep Green Building akan melibatkan konsumen dalam bagian menyelamatkan kota lewat kehadiran sistem drainase terpusat yang dibuang ke danau sebelum ke saluran kota sehingga berpotensi mengurangi banjir. Konsumen juga masuk dalam pihak yang peduli terhadap pengurangan penggunaan energi dan air yang semakin terbatas serta lower carbon sebagai upaya mengurangi pemanasan global. Di banyak tempat didunia, Green Movement sudah mendapat tempat di kalangan Konsumen, Pemerintah dan Industri , sehingga konsumen lebih memilih menyewa di Green building ketimbang bangunan biasa.

Kawasan Green Office Park BSD City

Proyek BSD GOP 9 ini dikembangkan di dalam kawasan Green Office Park BSD City, mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinar Mas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan. Hal ini berarti semua bangunan di kawasan akan dibangun dengan konsep low rise, memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 25%-35%, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standard dari Green District. Dalam kawasan BSD GOP ini terdapat 9 gedung perkantoran dan The Breeze sebuah “Mall Without Wall “ khusus Food and Beverages (F/B Mall) yang memiliki fitur – fitur Green, yakni Microclimate Optimization, Green Transport and Integrated Parking, serta Sustainable Management Practice. Kawasan tersebut memiliki jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terlindung di sepanjang jalan utama, fasilitas parkir sepeda dan shower room, shuttle bus yang khusus berada dalam distrik, serta lahan parkir yang terintegrasi dalam menjaga kawasan ini sebagai “Green District”.

 

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *