25.4 C
Tangerang Selatan
Kamis, 18 April 2024
Serpong Update
PROFILE

Surya Paloh Tokoh Politik Yang Visioner

Tokoh pendiri yang saat ini menjabat sebagai Ketua umum Partai Nasdem, Surya Paloh dinilai sebagai tokoh yang terbuka dan siap menerima kritikan dari masyarakat. Demikian dikatakan oleh pengamat media Jajat Sudrajat dalam Bedah Buku “Retorika Politik Surya Paloh”, karya Herma Retno Prabayanti di Hotel Soll Marina Serpong, Jumat (13/5).

Hal ini terbukti dengan adanya kolom khusus di Media Indonesia yang menyampaikan pikiran-pikiran Surya Paloh secara terbuka dan masyarakat boleh setuju dan boleh pula tidak setuju atau memberikan masukan kepadanya.

“Di Media Indonesia, pembaca bebas memberikan kritikan atau masukan kepada Surya Paloh,” ucapnya.

Menurut Jajat, Surya Paloh juga memiliki kepercayaan diri cukup tinggi dan berani bersaing dengan politikus-politikus ternama di Indonesia.

“Performa yang dimilikinya juga sangat luar biasa dan menjadi pusat perhatian masyarakat. Orang dengan tipe seperti Surya Paloh di Indonesia cukup langka,” paparnya.

Tidak selalu berhasil dalam perjuangannya,Surya Paloh juga sering gagal, namun dirinya berani untuk bangkit dan mencoba lagi.

“Ini perlu dicontoh oleh para pengurus dan kader Nasdem diseluruh Indonesia,” tambah Jajat.

Konsultan Politik, Andi menuturkan bahwa partai memang diawali oleh wacana atau retorika-retorika, tetapi Surya Paloh berhasil membentuk partai Nasdem tidak hanya sekedar membuat jargon atau retorika belaka tetapi dapat diimplemetasikan dalam kehidupan partai politik.

“Surya Paloh menginginkan agar Partai Nasdem berbeda dengan partai lainnya. Diawali dengan jargon politik yaitu Restorasi. Hal ini penting sebagai pegangan bagi kader dan pengurus Nasdem agar dapat memberikan kontribusinya dalam pembangunan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Kader Partai Nasdem Banten Hermawi Taslim menilai Surya Paloh adalah  sosok yang visioner, hal ini terbukti dengan adanya program-program televisi yang belum diciptakan oleh stasiun televisi lainnya, yaitu siaran televisi berbahasa mandarin.

“Di Metro TV ada program bahasa Mandarin, dari contoh kecil ini dapat dilihat bagaimana Surya Paloh lebih unggul dibanding figur lainnya,” ucap Hermawi Taslim.

Hermawi Taslim juga mengaku dalam proses internalisasi di Partai Nasdem sangat tidak mempermasalahkan soal agama, apapun agamanya jika dapat memberikan kemajuan bagi Partai maka Surya Paloh tidak akan mempermasalahkannya.

“Dapat dikatakan bahwa Surya Paloh adalah tokoh yang sangat kental ke-Indonesiaannya,” ujarnya. (nto)

Berita Terkait

Leave a Comment