29 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 15 Mei 2021
Serpong Update
COMMUNITY

Susur Sungai Cisadane, Bagian dari Hari Peringatan Bumi 2021

Serpongupdate.com – Kampung Wisata Keranggan Kec. Setu Kota Tangerang Selatan ramai dihadiri oleh para penggiat lingkungan yang melakukan susur sungai Cisadane. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Link Care Cisadane bersama lintas komunitas di Wilayah Kota Tangsel dan Sekitarnya dalam rangka menyambut peringatan Hari Bumi 2021.

Susur Sungai Cisadane bertujuan untuk memetakan potensi yang ada disekitar bantaran sungai Cisadane seperti potensi wisata, keragaman hayati dan potensi lainnya.

Ketua Pelaksana Susur Sungai Cisadane, sekaligus Ketua Link Care Cisadane, Oky mengatakan, susur sungai ini dilaksanakan selain bertujuan peduli terhadap lingkungan juga menghimpun data-data potensi yang ada di sekitar Sungai Cisadane. Data tersebut nantinya akan dihimpun sebagai big data yang nantinya akan digunakan untuk keperluan penelitian atau bagi mereka yang akan membutuhkan,

Pada kesempatan itu juga pihak Kampung Ekowisata Keranggan atau Ketua Pokdarwis Kampung Wisata Keranggan, Alwani menjelaskan, bahwa susursungai ini untuk melestarikan warisan peradaban dunia karena Sungai Cisadane dahulunya sebagai sungai suci tempat pemandian para raja nusantara khususnya kerajaan yang berada di Tanah Pasundan.  Diharapkan susur sungai ini dapat membatu menjaga kearifan lokal agar tetap lestari.

Susur Sungai Cisadane ini juga dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi  Komisi 3 Bidang Pariwisata. Menurutnya kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus dilestarikan dan digiatkan lagi untuk melestarikan lingkungan juga sebagai daya tarik (atraksi) bagi wisatawan yang akan datang berkunjung ke Kampung Wisata Keranggan.

Pelaksanaan Susur Sungai Cisadane didukung oleh beberapa komunitas yang sudah ahli dibidang tanggap bencana (rescue) dan sekaligus kegiatan ini juga sebagai ajang latihan. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment