banner
dd

Tim Dompet Dhuafa Sisir Korban Gempa di Pulau Supadi

Serpongupdate.com -Gempa berkekuatan 6.4 SR mengguncang Pulau Supadi Madura, Kamis, (11/10) lalu dini hari.

Pusat gempa berada di 55 kilometer dengan kedalaman 12 kilometer arah timur laut Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Menurut data yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat, (12/10) lalu, Kabupaten Sumenep hingga semalam jumlah korban meninggal dunia sebanyak tiga orang serta sebanyak 33 rumah mengalami rusak berat sedangkan untuk kerusakan sedan hingga ringan sebanyak 494. Untuk sejumlah fasilitas umum seperti masjid terdapat tujuh dan dua sekolah.

Tim Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama aktivis kemanusiaan bergerak ke Pulau Supadi, Kabupaten Sumenep, Madura untuk menelusuri dan mengevakuasi para korban terdampak gempa. Hingga saat ini Jumat sore (12/10) tim sudah mengevakuasi beberapa warga yang mengalami luka-luka akibat reruntuhan bangunan dan menyuplai logistik ke wilayah tersebut.

Menurut Kholid Abdillah selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, mengatakan “ Tim aktivis kemanusiaan sudah bergerak dari kemarin (Kamis 12/10) pagi untuk meneruskan perjalanan dengan kapal penyeberangan menuju Pulau Supandi selama empat jam. “Sesampai di lokasi tim kami menyisir beberapa lokasi terparah dari dampak gempa serta berkoordinasi dengan BNPB serta relawan lokal lainnya untuk tahap evakuasi para korban terdampak”. ujarnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini ditemukan beberapa korban luka-luka akibat terkena reruntuhan bangunan. “Kami untuk tahap ini mendistribusikan logistik hingga menyiapkan dapur umum untuk beberapa korban terdampak gempa, sebagian besar para korban masih tinggal dibeberapa tempat sanak famili terdekat,” pungkasnya. (rls)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *