25.4 C
Tangerang Selatan
Jumat, 19 April 2024
Serpong Update
POLITIK

Tim Paslon Diminta Rawat APK

Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilihan Gubernur Banten (Pilgub Banten) Tahun 2017 resmi diserahkan perawatannya dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan (Tangsel), kepada masing-masing perwakilan Pasangan Calon Pilgub Banten 2017.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar di RM Saepisan lantai 2, Serpong, Tangsel, Selasa (22/11), diketahui bahwa pemasangan APK sudah hampir 100 persen meski masih ada APK yang belum terpasangan karena terkendala cuaca.

Menurut Komisioner KPU Kota Tangsel Badrussalam mengatakan bahwa KPU sudah memasang APK diantaranya adalah baliho, billboard dan spanduk serta umbul-umbul.

“Untuk spanduk sudah terpasang sekitar 70 persen dan akan segera dipasang sisanya, hal ini karena terkendala cuaca yang sering hujan,” kata Badrus.

Selain itu APK tersebut Badrussalam juga mengatakan Pasangan Nomor 1 (Wahidin Halim – Andhika Hazrumy) mengajukan brosur dan stiker sedangkan Pasangan Nomor  2 (Rano Karno – Embay Mulya Syarif) hanya mengajukan kalender saja.

“Setelah KPU Tangsel memasang APK, maka hari ini, perawatan, pemeliharaan dan pembersihan APK akan diserahkan kepada masing-masing Pasangan Calon dan menjadi tanggung jawab Pasangan Calon. Pemeliharaan APK dilakukan sampai dengan 11 Februari 2017 mendatang,” ujar Badrus.

Sementara itu Perwakilan Paslon No 1 Joko Aryanto mengaku sudah siap memasang APK yang memang sudah kewajiban dari Timses.

“Saat ini masih dalam proses pemasangan jika sudah siap maka akan dilaporkan ke KPU sebelum dilakukan pemasangan,” kata Joko.

Untuk Perwakilan Paslon No 2 Rosalina Satrio mengatakan bahwa pihaknya mewakili Timses nomor 2 berharap jika nanti ada pemasangan yang salah tempat oleh Timses pasangan calon agar KPU Tangsel tidak mencopotnya tetapi agar memberitahukan terlebih dahulu kepada Timses.‎

“Jika ada yang salah tempat pemasangan, diharapkan KPU segera berkoordinasi agar Timses bisa merubah tempatnya,” terangnya.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tangsel Sahrudin mengatakan setelah terpasangnya APK, maka Panwaslu Tangsel akan melakukan monitoring keberadaannya.

“Berdasarkan pemantauan, ada beberapa APK yang sudah rusak, seperti Baliho Pasangan Nomor 1 yang roboh di Bundaran Maruga, selain itu ada juga spanduk yang dicopot oleh simpatisan dan dipindahkan kerumah,” tutur Sahrudin.

Jika nanti APK ada yang rusak maka masing-masing Paslon dipersilahkan membuat yang baru dengan seizin KPU Tangsel.

“Cukup dimaklumi dengan kondisi cuaca yang hujan saat ini maka APK menjadi mudah rusak,” pungkasnya. (Nto)

Berita Terkait

Leave a Comment