banner
dinkes kab.tangerang

Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas, Dinkes Galang Komitmen

Serpongupdate.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar penggalangan komitmen peningkatan pelayanan mutu Puskesmas sesuai standar minimal bidang kesehatan melalui akreditasi Puskesmas, acara tersebut digelar di Aula Dinkes Kab. Tangerang. Kamis, (18/1/18).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Desiriana Dinardinanti mengatakan, dengan Penggalangan Komitmen Akreditasi Puskemas di Kabupaten Tangerang, Pemerintah Daerah senantiasa berupaya mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar pelayanan dan dapat mengetahui peta kemampuan Puskesmas di wilayah kerjanya.

“Diharapkan Puskesmas juga berupaya meningkatkan upaya Kesehatan Perseorangan, meminimalkan risiko dengan peningkatan pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan serta melaksanakan Upaya Kesehatan Masyarakat dalam mendukung pencapaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan,” terang Kadinkes.

Tambah dr. Desiriana, mengatakan adapun tujuan akreditasi Puskesmas agar Puskesmas termotivasi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan Puskesmas dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang teradi di masyarakat wilayah kerjanya sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas semakin meningkat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, pembangunan sektor kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga Negara Indonesia agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Pemerintah Daerah telah melakukan langkah nyata seperti upaya promotif preventif serta peningkatan kualitas baik itu dari segi infrastruktur, sistem pelayanan, hingga peningkatan kualitas SDM khusus di bidang kesehatan.

Hal ini tentunya guna meningkatkan kualitas pelayanan khususnya dalam pembangunan kesehatan salah satunya adalah dengan melakukan peningkatan status dan kualitas pelayanan kesehatan melalui Puskesmas yang merupakan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayah Kabupaten Tangerang. Puskesmas merupakan ujung tombak dari pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Diharapkan puskemas ini dapat dijadikan sebagai salah satu langkah yang tepat dalam meningkatkan kinerja pelayanan dan fasilitas kesehatan di Puskesmas, agar tingkat kepuasan masyarakat dapat terus meningkat dan terjaga kualitas pelayanannya,” Ucapnya.

Lanjut Sekda, Puskesmas memiliki peranan penting sebagai tulang punggung pelayanan kesehatan perlu ditetapkan kebijakan tentang kegiatan pelayanan yang harus dilaksanakan oleh Puskesmas, terutama pelayanan promotif preventif yang menjadi tugas utama dari pelayanan Kesehatan Primer di Puskesmas.

Dilanjutkan Sekretaris Daerah Moch. Maesyal Rasyid, Kepala Dinas Kesehatan Desiriana Dinardianti, bersama Perwakilan Kepala Puskesmas, Paguyuban Puskesmas dan Tim Pendamping melakukan penandatanganan komitmen pelayanan puskesmas sesuau standar. (rls)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *