banner
umn

UMN Siapkan SDM Berkualitas untuk Industri Film & Animasi

Pertumbuhan industri kreatif dalam negeri terbilang cukup menjanjikan. Menurut data Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, perkembangan industri kreatif di Indonesia termasuk di dalamnya industri film dan animasi menunjukkan peningkatan yang pesat, yaitu sebesar 7% per tahun.

Namun, diakui, pertumbuhan tersebut belum disokong dengan keberadaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Melihat fakta itu, maka Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang memiliki fokus khusus pada bidang film dan animasi menunjukkan kontribusinya dalam mempersiapkan SDM berkualitas.

Ina Riyanto, Kepala Program Studi Film dan Televisi (FTV) UMN mengungkapkan, selain kurikulum, program studi FTV mempersiapkan kompetensi mahasiswa dengan mengasah jiwa kompetisi mahasiswa. Mereka para lulusan sudah dipersiapkan saat terjun ke dunia kerja dan akan mampu berkompetisi.

Untuk merealisasikan para mahasiswa Program FTV, adalah lewat ajang kompetisi. Salah satu ajang internal kampus, yakni dengan digelarnya UMN Animation & FilM Festval (UNIFEST). Lewat festival tahunan ini, mahasiswa UMN dapat berkompetisi dengan mahasiswa lain dari dalam maupun luar UMN.

“Melalui kompetisi dan ajang apresiasi tahunan seperti UCIFEST dan UMN Screen ini. Para mahaiswa, baik perorangan ataupun kelompok dapat mempertontonkan hasil karya mereka. Di ajang ini semua karya film pendek, animasi dan film panjang berkompetisi untuk menjadi yang terbaik,” papar Ina saat konfrensi pers yang berlangsung pada 15 Nopember 2016 di UMN.

Program Studi Film dan Televisi (FTV) UMN memiliki fasilitas Studio Greem Screen dan Rander Farm. Fasilitas ini untuk melatih mahasiswa menghadapi tantangan di dunia industri film dan animasi yang sebenarnya saat lapangan. “Kami tidak ingin hanya bicara teori dan contoh saja di kelas, tapi langsung praktik. Supaya nantinya mereka tidak kaget lagi saat bekerja,” jelas Ina.

Sebagai informasi. Sebanyak 210 karya film yang terdiri dari 39 film mahasiswa UMN, 117 mahasiswa umum dan 54 film pelajar. UCIFEST ke- 7 diadakan dari tanggal 15-17 Nopember di UMN Gading Serpong, Tangerang.

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *