banner
20191202_135331

Wujudkan Keamanan Pangan, Pemkot Tangsel Dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Bersinergi

Serpongupdate.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bersama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Di Serang menjalin sinergi dalam upaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang keamanan pangan.

Kegiatan dirangkai dalam Gebyar Keamanan Pangan dengan tema : “Menyediakan Pangan Aman dan Sehat Bagi Keluarga dan Masyarakat di Kota Tangsel”, di Teras Kota, Serpong, Kota Tangsel, Senin (02/12/2019).

Menurut Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Di Serang Sukriadi Darma menjelaskan bahwa peran konsumen atau masyarakat sangat penting mewujudkan pangan yang aman sehingga perlu pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan sistim pengawasan pangan.

“Pada tahun 2019 Balai Besar POM di Serang melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan,” kata Sukriadi.

Selain itu, juga diupayakan memperkuat ekonomi sesuai dengan sasaran dan prioritas nasional bidang kesehatan untuk peningkatan status gizi masyarakat, pengendalian penyakit tidak menular dan peningkatan efektivitas pengawasan makanan dalam rangka peningkatan keamanan dan mutu pangan yang beredar.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Pusat Dewi Prawitasari menjelaskan Kegiatan Gebyar Keamanan Pangan di Kota Tangsel ini adalah untuk mewujudkan keamanan pangan di Indonesia.

“Tangsel dipilih untuk pelaksanaan kegiatan karena merupakan Kota dengan potensi pengembangan ekonomi lokal. Kegiatan ini merupakan suatu permulaan untuk pelaksanaan keamanan pangan di Kota Tangsel,” jelas Dewi Prawitasari

Harapannya melalui Gebyar Keamanan Pangan ini dapat bersinergi dan bekerja sama untuk mewujudkan keamanan pangan di Kota Tangsel sehingga pemenuhan keamanan pangan yang merupakan hak setiap individu di Kota Tangsel terpenuhi.

Sementara itu Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie dalam sambutannya menjelaskan bahwa keamanan pangan merupakan tanggung jawab semua pihak dan perlu diperkenalkan kepada elemen masyarakat agar terhindar dari bahaya pangan yang tidak aman.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka semua pelaku usaha dapat memperhatikan keamanan pangan dalam setiap produknya. Selain itu juga perlu diperhatikan keamanan pangan bagi konsumsi anak usia sekolah jangan sampai terpapar bahaya makanan yang tidak aman,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga dipamerkan jenis-jenis makanan aman yang diproduksi oleh UMKM di Tangsel. (Nto)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *