Senin, 28 Oktober 2024
Serpong Update
HUKUM

Marak, Pencuri Bobol Perumahan Elit Lewat Atap Rumah

Serpongupdate.com –  Tindak pidana pencurian di kawasan perumahan elit Cendana Residence, Kota Tangerang Selatan, semakin meresahkan. Dalam kurun waktu sejak Januari hingga pertengahan Maret 2018 16 kasus pencurian terjadi.

Joko Susilo, Ketua RT01/23 perumahan Cendana Residence menerangkan, dari 16 kasus pencurian rumah yang terjadi dalam kurun waktu tersebut, 10 kasus diantaranya terjadi di RT 01. “Modusnya pelaku masuk dari atap rumah, tapi anehnya semua korban tak ada yang mengetahui, atau tersadar saat kejadian berlangsung,” ucap dia, Kamis (15/3).

Tak hanya para korban, polisi yang mendatangi lokasi, lanjutnya, juga tak banyak memperoleh petunjuk dari aksi pencurian yang diduga terjadi dini hari itu.

“Memang aneh, karena kalau masuk dari pintu atau jendela tidak mungkin, karena tak ada pintu jendela yang rusak. Dari atap pun kami heran bagaimana bisa dilakukan. Rata – rata korbannya juga tak ada yang mengetahui atau tersadar saat kejadian itu beelangsung,” ucap dia.

Pernah suatu malam, lanjut Joko, warga mengepung diduga pelaku pencurian yang mencoba membobol rumah melalui atap. “Tapi saat dikepung, anehnya engga ketemu, seperti orangnya itu menghilang. Padahal jelas sekali pelaku kami kepung,” ucap dia.

Perumahan Cendana Residence merupakan perumahan elit kelas menengah atas yang letaknya sebagian masuk wilayah Kecamatan Pamulang dan Ciputat. Perumahan ini pun, hanya sebatas pagar tembok pemisah dengan pusat kantor Pemerintahan Kota Tangsel di Jalan Raya Maruga, Kecamatan Ciputat.

“Sebelumnya bisa dikatakan tidak pernah, baru ada itu November 2017 dan Sejak Januari hingga sekarang ini semakin sering. Sehari pernah sampai tiga rumah warga kebobolan,” ucap dia.

Diterangkan dia, saat ini ada 900 kepala keluarga bermukim di perumahan tersebut. Rasa cemas dan khawatir semakin menjadi, ketika modus pencurian ini merubah strategi dengan melakukan di siang hari. “Yang kami takutkan ini, mereka bawa senjata api, kami berharap pihak berwajib bisa segera mengungkap kasus ini,” ucapnya.

Selaku pengurus lingkungan, Joko berharap, warga perumahan Cendana Residence semakin meningkatkan kewaspadaan dilingkungan tempat tinggal mereka.

“Kinerja sekuriti kami sudah kami ketatkan, bahkan personel juga kami tambah. Penjagaan dan patroli sudah semakin sering, tapi ini masih saja terjadi. Kami imbau juga warga peduli terhadap lingkungan dan meningkatkan kewaspadaannya,” tambah dia. (han)

Berita Terkait

Leave a Comment