Senin, 28 Oktober 2024
Serpong Update
HEALTH

Seluruh OPD Diminta Tingkatkan Pengembangan Kesehatan

Serpongupdate.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) menggelar Koordinasi dan Sinkronisasi Peningkatan Pengembangan Kesehatan di Kota Tangsel pada Selasa, 8 Mei 2018 di Aula Pemkot Tangsel, Ciputat.

Menurut Kasubag Bina Kesehatan Viny Indah Adyanti kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Tangsel.

“Maksud dari kegiatan ini dengan seluruh OPD agar dapat terintegrasi semua antara pembangunan dengan kesehatan. Dengan adanya sinkronisasi semoga tercapai Kota yang bersih, aman, sehat dan nyaman dihuni juga nyaman sebagai tempat bekerja,” ungkap Viny.

Dengan terlaksananya program kesehatan diberbagai sektor diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan perekonomian masyarakat.

Sementara menurut pembicara dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, terkait urusan Kesehatan tidak bisa diselesaikan hanya oleh Dinas Kesehatan saja, perlu dukungan dan kontrobusi dari berbagai pihak.

“Dari pusat ada suatu kegiatan penyelenggaraan Kota Sehat. Tapi perlu diketahui bahwa penghargaan penting, suatu hal yang patut dibanggakan namun juga tidam melupakan bagaimana prosesnya,” terangnya.

Jika Kota tersebut sehat maka masyarakatnya bisa sejahtera. Dengan adanya kota sehat maka ada dukungan dari masyarakat serta bisa menguatkan posisi pemerintah dan program-progran pemerintah bisa terlaksana. Membantu memberdayakan dan memandirikan masyarakat untuk berperilaku baik dan sehat.

“Masyarakat terlibat penuh dalam proses pembangunan daerah. Masyarakat juga bisa ikut bertanggung jawab dan memiliki hasil juga manfaat pembangunan. Sehingga masyarakat dapat lebih mandiri, mampu dan menjadi mitra pemerintah dalam pembanguan,” bebernya.

Sementara, Sekertaris Daerah Kota Tangsel Muhamad mengatakan bahwa Pemkot Tangsel sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan semacam ini. Diharapkan kegiatan ini dapat membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan program pembangunan bidang kesehatan.

“Sebagai bentuk perwujudan visi Kota Tangsel yaitu terwujudnya tangsel kota cerdas, berkualitas dan berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi. Pemkot Tangsel terus gencar melaksanakan pembangunan kesehatan salah satunya yaitu pengembangan kota sehat,” kata Muhamad.

Kota sehat merupakan suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Penyelenggaraannya dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan kota sehat merupakan berbagai kegiatan untuk mewujudkan kota sehat, melalui pemberdayaan masyarakat, dan forum yang difasilitasi oleh pemerintah kota. Forum kota sehat berperan untuk menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek, sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.

“Dengan segala tantangan dan permasalahan yang ada untuk itu perlu adanya koordinasi dan sinkronisasi dengan seluruh OPD terkait sehingga dapat terintegrasi dalam setiap kegiatan pembangunan kesehatan khusunya penyelenggaraan kota sehat,” ungkapnya.

Semoga dengan berkumpulnya semua pegiat pembangunan kesehatan, baik dari seluruh opd terkait, serta didukung oleh nara sumber, maksud dan tujuan pertemuan ini akan dapat dicapai seperti apa yang kita harapkan bersama yaitu tercapainya kondisi kabupaten/kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktivitas dan perekonomian masyarakat. (rls/sbr)

 

Berita Terkait

Leave a Comment