33.6 C
Tangerang Selatan
Senin, 28 Oktober 2024
Serpong Update
Gallery

Tak Rela Buat Ngamen, Ondel-ondel di Tangsel Masuk Raperda Pelestarian Budaya Betawi

Serpongupdate.com – Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Moch Ramlie, tidak setuju dengan ondel-ondel yang sedang marak dibuat ngamen termasuk di Tangsel.

Menurutnya, ondel-ondel merupakan budaya Betawi yang tidak seharusnya dibuat ngamen. Ramlie juga beranggapan budaya merupakan martabat dan hanya dapat dilakukan pertunjukan di tempat dan waktu tertentu. “Kalau martabat kita umpama buat ngamen, bagaimana kan begitu. Jadi ondel-ondel itu bisa dilakukan pertunjukan kan hanya pada waktu-waktu tertentu, ada kegiatan-kegiatan betawi,” paparnya, pada Jumat (11/5/2018).

“Ketua DPRD mendukung ondel-ondel itu tidak boleh dilakukan untuk kegiatan ngamen,” tegasnya.

Romlie pun bersama anggota dewan lainnya tengah menggodok rancangan perundang-undangan (Raperda) Pelestarian Budaya Betawi. “Ya kita akan tetap masukkan (ke dalam Raperda) bahwa ondel-ondel itu adalah bagian dari budaya Betawi,” paparnya.

Romlie juga menyebut kegiatan ngamen ondel-ondel sebagai tangan di bawah atau meminta, dan hal tersebut tidak sesuai dengan budaya Betawi yang tangan di atas atau pemberi. “Karena orang Betawi itu artinya bahwa tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah, prinsip orang Betawi kan kaya gitu,” ujarnya. (ccp)

Berita Terkait

Leave a Comment