30.7 C
Tangerang Selatan
Senin, 28 Oktober 2024
Serpong Update
RELEASE

Masyarakat Indonesia Maju (MIM), Bantu Petani Menuju Swasembada Pangan

Serpongupdate.com – Masyarakat Indonesia Maju (MIM) membantu petani Kabupaten Serang, Banten, dalam meningkatkan hasil panen. Upaya  meneguhkan kedaulatan pangan nasional dan peningkatan hasil panen sesuai arahan Ketua Dewan Pembina MIM Jend TNI AD (Purn) Moeldoko.

Ketua Umum MIM, Dona Yurike Sidabutar, mengatakan kerja sama dengan petani ini harapkan dapat meningkatkan taraf hidup petani dan hasil panen petani.”Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan hasil panen dan menuju swasembada pangan,” ungkap Dona, Sabtu (4/6/2022).

Untuk tahap awal, kerja sama dilakukan MIM bersama petani di Kabupaten Serang. Namun selanjutnya, jika kerja sama ini berhasil  akan mengembangkan kerja sama yang luas di seluruh wilayah tanah air.

“Kerja sama ini tidak hanya di Kabupaten Serang. Jika kerja sama ini berhasil, MIM akan mengembangkan kerja sama yang lebih luas ke seluruh tanah air,” ujar Dona.

Lahan pertanian ini terletak di Desa Jeruk Nipis, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. Kerja sama tahap awal seluas 5 hektare dan akan terus meningkat di waktu akan datang.

Dalam kesempatan ini turut memberikan bantuan bibit dan pupuk. Serta pendampingan dan bimbingan dari dewan pakar MIM terhadap petani hingga masa panen.

“Bantuan bibit, pupuk serta pendampingan kepada petani  diharapkan dapat meningkatkan hasil panen. Biasanya satu hektar lahan sawah  menghasilkan 6 ton gabah. Dengan bantuan MIM ini dapat menghasilkan 8 hingga 10 ton gabah,” tegasnya.

Selain itu, Ketua DPW DKI MIM, Miladin Miroslav Radisic, mengatakan kerja sama ini tidak hanya petani padi semata.Kerja sama juga akan dilakukan terhadap hasil bumi lainnya. Seperti petani jagung, petani singkong, juga penanaman pohon kelor, pohon lidah buaya dan petani-petani lainnya. “Kami berharap tidak hanya beras yang swasembada. Tapi juga hasil pertanian lainnya,” ungkap Miladin.

Menyampaikan dalam waktu dekat MIM akan membangun Sistem Koperasi Digital. Yang dapat memberikan nilai tambah terhadap bisnis koperasi. Sehingga   dapat bersaing di pasar modern yang semakin ketat dan dinamis saat ini.

“Memiliki satu sistem terintegrasi untuk pengurus maupun anggota koperasi, merupakan suatu keunggulan yang dimiliki oleh Koperasi Digital MIM pada masa digitalisasi saat ini,” tambahnya.

Tentu dengan teknologi terkini. Koperasi digital MIM hadir untuk berkolaborasi dan berkembang bersama pengusaha tani. Serta pengusaha perkebunan. Mereka   juga sebagai anggota koperasi MIM, yang  mendukung kemajuan UMKM  di seluruh wilayah Indonesia.

“Tujuan dari koperasi digital MIM  membantu koperasi dan UKM dalam melewati masa sulit pasca pandemi. Dengan menyediakan sistem yang dapat mendorong tingkat pelayanan kepada anggota yang nantinya akan   diberikan oleh koperasi dan memungkinkan untuk dapat membuat produk-produk unggulan lainnya,  relevan sesuai kebutuhan pasar.  Tentunya dengan menggunakan konfigurasi sistem financial yang fleksibel,” ia menguraikan.

Koperasi Digital MIM memiliki fungsi untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan sistem keanggotaan, koperasi konsumen, simpan pinjam, dan pemodalan yang dimiliki. Sehingga mampu membentuk sebuah ekosistem bisnis berskala kecil dan menengah yang meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya.

“Namun, seiring perkembangan teknologi, makin bermunculan juga bisnis yang menggeser UKM.  Demi mengatasi persaingan ini, maka koperasi yang menaungi UKM dan pasar binaan dianjurkan untuk mengaplikasikan teknologi untuk meningkatkan kualitas dari ekosistem bisnis tersebut,” imbuhnya.

Tentu dengan teknologi terkini, sistem Koperasi Digital MIM memudahkan dalam mengembangkan pasar binaannya sendiri. Serta memberikan kemudahan akses bagi anggota koperasi. Dalam melakukan transaksi keuangan di mana saja dan kapan saja menjadi salah satu fitur unggulan sistem MIM.

Dulu koperasi identik dengan sulitnya menjadi anggota. Pelayanan yang jadul, busnis yang ketinggalan jaman. Repot, ruwet. Berkesan ribet dan tidak efisien. Semua itu tidak lagi di koperasi digital MIM.

Platform ekosistem bisnis digital yang yang up-todate memudahkan proses untuk menjadi anggota koperasi. Sehingga  dapat dilakukan di manapun Anda berada. Semua dapat dilakukan tanpa antre. Tanpa ribet, tanpa repot. Pembayaran tagihan ataupun cicilan. Aktivitas simpan pinjam maupun permohonan modal usaha, pembelian pulsa hp, bayar listrik atau membeli token listrik, asuransi, PDAM, dan lainnya dapat dilakukan dengan mudah.

Terpenting adalah Koperasi Digital MIM, dapat menciptakan jejaring ekosistem bisnis digital yang dinamis, nyaman, aman, serta terpantau dengan baik dan tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kepuasan anggota Koperasi.

Bahkan Koperasi MIM turut menciptakan exit plan bagi seluruh hasil produksi hasil tani dan kebun, dan juga turut menyediakan konsep, metoda, bimbingan dengan RENEWABLE AGRICULTURE TECHNOLOGY YANG MENYELURUH DAN BERKESINAMBUNGAN.

Dalam kesempatan ini turut hadir  Sekjen MIM Fathony. Demikian juga  Ketua Dewan Pakar Pertanian MIM Prof Tualar Simarmata menyampaikan guna melakukan penerapan teknologi IPAT-BO untuk proses pertanian. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment