Senin, 28 Oktober 2024
Serpong Update
HUKUM

Kecamatan Serpong Utara Dirikan Kampung Anti Narkoba

Kecamatan Serpong Utara menujuk Kampung Marga Jaya, Kelurahan Pakulonan sebagai lokasi khusus untuk dijadikan Kampung Anti Narkoba. Gerakan ini dilaksanakan pada Rabu, 24 Mei 2017.

Selain menunjuk Kampung Marga Jaya sebagai kampung anti narkoba, Kecamatan Serpong Utara bersama BNN mengukuhkan Satgas Anti Narkoba.

“Ini kebanggan dan kepercayaan kami. Dimana narkoba merupakan suatu penyakit masyarakat yang harus ditanggulangi bersama,” ungkap Camat Serpong Utara, Bani Khosyatullah.

Menurut data, ada 4 juta pemakai narkoba di Indonesia. Ini merupakan tanggung jawab kita semua, berbahu bahu mencegah pengedar dan pemakai narkoba.

“Kami menunjuk di Marga Jaya karena disini gerbang masuknya satu. Ada satu RW dan empat RT jadi ada sekitar 700 KK. Pagi maupun malam disini heterogen karena banyak yang ngontrak,bahkan sampai jam 12 malam masih lalu lalang,” unkapnya.

Pendatang di kampung ini hingga 50 persen. Sehingga ini dinyatakan rentan sekali terhadap masuknya peredaran narkoba.

“Dalam rangka memerangi Indonesia darurat narkoba kami lebih setuju kampung anti narkoba di laksanakan disini. Selain fokus disini kami rekrut satgas anti anrkoba di setiap RW dan setiap Kelurahan,” jelasnya.

Bani menjelaskan nantinya satgas ini akan di edukasi oleh BNN, Indonesia Bersih Narkoba dan Granat. Agar bisa lebih memiliki pengetahuan dan setahap demi setahap bisa membuka jejaring dengan satgas lainnya untuk melakukan pendeteksian terhadap pengguna narkoba.

“Mudah-mudahan satgas bisa memperpendek ruang gerak pengedaran narkoba, bukan untuk menakut nakuti atau menangkap pengguna narkoba,” paparnya.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Racmi Diany mengatakan bahwa BNN Tangsel sangat konsen dalam memberantas narkoba sehingga pemerintah kota sangat termotivasi untuk terlibat dalam memverantas narkoba.

“Beberapa Kelurahan sudah mendirikan kampung narkoba. Harapannya, mudah-mudahan belajar dari kekurangan di tempat lain, kampung anti narkoba di Marga Jaya bisa menjadi lebih baik dibanding lokasi lain,” jelasnya.

Satgas anti narkoba harus memiliki komitmen dalam memberantas narkoba. Mudah-mudahan satgas anti narkoba ini bisa menjadi role model yang akan menyampaikan dan mengkomunikasikan tentang bahaya narkoba.

“Dari satgas anti narkoba ini diharapkan ada hasil yang baik dan positif untuk lingkungannya,” jelasnya.(rls)

Berita Terkait

Leave a Comment