29.8 C
Tangerang Selatan
Jumat, 19 April 2024
Serpong Update
RELEASE

Lonjakan Mobil di Tol Tangerang-Merak Jelang Natal dan Tahun Baru

Sekitar 164.000 kendaraan diperkirakan akan melintasi Tol Tangerang -Merak selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2017. Kendaraan didominasi mobil pribadi, angkutan orang dan barang yang memuncak sejak 23 Desember hingga 1 Januari 2017.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS) Nur Indah Permanasari, mengungkapkan, libur Natal yang berlangsung selama 3 hari biasanya akan dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung atau berwisata.

“Orang juga akan berpergian untuk merayakan Tahun Baru 2017 di pantai-pantai yang ada di selatan Banten,” bilang Indah, Jumat (16/12/2016).

Diperkirakan, puncak arus lalu lintas tersebut terjadi pada hari Jumat tanggal 23 Desember 2016. Menyusul kemudian puncak lalu lintas libur tahun baru terjadi pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2016.

“Sedangkan untuk lalu lintas tanggal 1 Januari 2017 di pagi hari akan cenderung sepi dan mulai ramai pada sore hari terutama di jalur arah Jakarta,” ucap Dia.

Menurut data milik MMS, trafik lalu lintas pada puncak libur Natal dan tahun baru ini diperkirakan pertumbuhan kendaraan naik sebesar 0,40% dibanding trafik normal atau rata-rata sebanyak 128 ribuan kendaraan menjadi 164 ribuan kendaraan perharinya selama tanggal 23 Desember 2016 sampai dengan 1 Januari 2017.

“Prediksi pertumbuhan trafik ini berdampak pada peningkatan sebanyak 53 ribu kendaraan per harinya yang akan memasuki Gerbang Tol Cikupa atau sekitar 5.300 kendaraan per jam,” lanjut Indah.

Untuk menghadapi adanya lonjakan jumlah kendaraan tersebut, pihak MMS mengaku telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika diperlukan untuk menghadapi lonjakan kendaraan.

“Jika terjadi peningkatan kendaraan di Serang Timur baik entrance maupun exit dan antrian melewati batas aman, maka lalu lintas akan dialihkan keluar Serang Barat. Begitu juga jika lonjakan terjadi di Gerbang Tol Cilegon Timur maka akan diarahkan untuk keluar di Cilegon Barat.

Sedangkan untuk gerbang entrance Merak siap menerima pengalihan dari gerbang tol Cilegon Barat, gerbang exit Merak jika antrian melebihi batas aman akan dialihkan keluar Cilegon Barat dan Cilegon Timur,” jelasnya.

Selain rekayasa lalin, MMS juga menyiapkan para petugas untuk siaga mengatur antrian di setiap gerbangnya. Armada layanan lalu lintas tol Tangerang-Merak pun siap 24 jam setiap hari untuk membantu dan melayani pengguna jalan Tol Tangerang-Merak.

Pihaknya juga meminta kepada pengguna jalan untuk tetap waspada, Terkait adanya pekerjaan peningkatan kualitas jalan yang terjadi di beberapa titik di ruas Tangerang-Merak.

“Dalam pengerjaan ini tentunya telah dipasang rambu kerja agar pengguna jalan menaati rambu lalu lintas di jalan tol dan berkendara dengan waspada dan berhati-hati,” kata Indah.

Dalam mempercepat transaksi untuk pembayaran tol, Indah juga menyarankan untuk menggunakan kartu prabayar elektronik.

Untuk mendukung layanan yang prima, terang Indah, MMS juga menyiagakan layanan pendukung bagi pengguna jalan tol antara lain, 4 unit ambulance, 1 unit rescue truck, 7 Unit kendaraan Patroli, 14 Truck Derek, 3 Unit kendaraan Kamtib, 2 kendaraan manlift, 10 Variable Message Sign (VMS), 37 unit closed-circuit television (CCTV) yang terpasang di ruas jalan, 1.666 unit penerangan jalan umum, 65 lampu peringatan.

“Untuk tempat istirahat atau rest area tersedia di KM 68 dan KM 43 arah Merak dan KM 68 dan KM 45 arah Jakarta,” cetus Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS) Nur Indah Permanasari.(han)

Berita Terkait

Leave a Comment