28.2 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 13 Juli 2024
Serpong Update
HEALTH

Menunggang Kuda Baik untuk Terapi Anak Berkebutuhan Khusus

Serpongupdate.com – Mempunyai anak merupakan dambaan setiap orangtua. Akan tetapi ada kalanya, pertumbuhan seorang,  tidak sesuai dengan pada umumnya seorang anak. Diantara dari mereka ada anak autisme yang berkebutuhan khusus (ABK), sehingga perkembangan sang buah hati harus melalu serangkaian terapi.

Untuk itu, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup anak-anak berkebutuhan khusus, terapi dengan kuda telah menjadi salah satu pilihan. Terapi ini tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga secara positif memengaruhi perkembangan emosional dan sosial mereka.

Terapi dengan kuda, atau lebih dikenal sebagai Animal Assisted Therapy (AAT) telah menjadi perhatian dalam dunia medis dan pendidikan khusus. Anak-anak dengan autisme, gangguan perkembangan, atau kondisi lainnya menemukan koneksi emosional yang unik dengan hewan yang lembut ini,” terang Rito Saputra selaku Praktisi Psikolog Anak Berkebutuhan Khusus saat Seminar Pembaruan Dalam Penanganan dan Pemeriksaan Anak Berkebutuhan Khusus pada Jumat, 19 Januari 2024 di Kawasan Bintaro.

Terapi  dengan menggunakan hewan, khususnya pada kuda. Anak-anak yamg diterapi dengan kuda lebih bisa mendengar intruksi dari para dokter dan terapis.

Beberapa penelitian telah mendukung konsep bahwa terapi yang berhubungan dengan hewan akan sangat efektif untuk anak dengan ASD (Autism Spectrum Disorder). Anak dengan ASD cenderung lebih menyukai gambar-gambar binatang daripada gambar manusia, dan tidak lebih responsif pada suara manusia daripada stimulus suara yang lain.

Dokter Anak BWCC/RS Mitra Keluarga Bintaro dr. Datu Bidang Irawaty Tambing menjelaskan, Assisted Animal Therapy adalah intervensi yang diarahkan pada tujuan, dimana hewan yang memenuhi kriteria spesifik menjadi bagian integral dari proses pengobatan.

Para ahli menyatakan bahwa gerakan perlahan kuda dapat meningkatkan koordinasi motorik dan menguatkan otot anak-anak. Selain itu, interaksi dengan hewan ini juga membantu membangun kepercayaan diri dan keterampilan sosial mereka.

Terapi dengan kuda juga memperkenalkan anak-anak pada lingkungan yang alami, memberi mereka kesempatan untuk merasakan dan mengamati kehidupan di luar ruangan. Hal ini dianggap penting dalam  pemahaman lingkungan sekitar.

Untuk mengembangkan terapi pada ABK dengan hewan kuda, Bintaro Kids Care menggelar acara talkshow mengenai Animal Assisted Therapy yang merupakan terapi khusus anak berkebutuhan khusus yang menyertakan hewan peliharaan, sebagai terapi bagi kesembuhan anak berkebutuhan khusus

Lebih lanjut Rito menjabarkan, tentunya sesuai sengan keamanan dan keselamatan berkuda dengan didamping dokter anak khusus, kuda dilatih dan digunakan khusus untuk AAT dengan perawatan kesehatan dan kebersihan rutin. Juga terapis harus bisa menangani atau  menghandle kuda dalam menangani AAT.

“Orangtua dan terapis, secara berkala melaporkan perubahan positif dalam perilaku anak-anak setelah menjalani sesi terapi dengan kuda. Terapi dengan kuda, dinilai sebagai pendekatan yang menyenangkan dan efektif,” tambah Rito.

Dengan semakin banyaknya pusat terapi dengan kuda yang menawarkan layanan ini, Rito berharap  anak-anak berkebutuhan khusus dapat memiliki akses lebih mudah untuk mendapatkan manfaat positif dari interaksi yang unik dan menyenangkan ini.

COMPANY PROFILE  BINTARO KIDS CARE

Beralamat di  Ruko U-Ville A5, Jl. Boulevard UPJ, Sawah Baru,Ciputat, Kota Tanggerang Selatan. Klinik Bintaro Kids Care berdiri pada 5 juli 2023 merupakan klinik untuk anak berkebutuhan khusus. Klinik ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi anak yang mengalami gangguan (perlambatan otak) agar menjadi lebih baik.

Bintaro Kids Care mempunyai metode khusus dalam penanganan terapi anak berkebutuhan khusus yaitu dengan :

DCOA ( Drawing Communication Observation Analisys )

AAT ( Animal Assisted Therapy )

Music Therapy

SI ( Sensory Integration )

Hydro Therapy

Bintaro Kids Care mempunyai visi dan misi untuk menjadi klinik tumbuh kembang anak yang handal dan terkemuka. Menediakan layanan penanganan anak berkebutuhan khusus dengan metode khusus dilakukan oleh terapis yang terampil dan berdedikasi tinggi dan dilakukan secara konprehensif. (Red)

Berita Terkait

Leave a Comment