25.3 C
Tangerang Selatan
Kamis, 25 Februari 2021
Serpong Update
EDUCATION

Prasetiya Mulya dan BSD City, Kerjasama Tangani Sampah

Universitas Prasetiya Mulya dan PT BSD City Tbk menandatangani nota kesepahaman “Kerjasama Penelitian Penanganan Sampah di BSD City”. Penandatangan yang dilakukan pada 22 Juni 2016 juga disaksikan oleh Sinar Mas Land selaku holding company dari BSD City ini dilakukan di Kampus BSD,Universitas Prasetiya Mulya oleh Prof. Djisman Simandjuntak selaku Rektor Universitas Prasetiya Mulya dan Syukur Lawigena selaku Direktur PT Bumi Serpong Damai, Tbk.

Turut hadir Prof. Djoko Wintoro, Ph.D selaku Wakil Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Dhony Rahajoe selaku Managing Director, President Office Sinar Mas Land, Ignesjz Kemalawarta selaku Head of Corporate Governance and Sustainability Development Sinar Mas Land serta segenap faculty member dan staf Universitas Prasetiya Mulya dan Sinar Mas Land.

Dalam waktu 20 tahun, BSD City akan berintegrasi menjadi digital smart city termasuk dalam pengelolaan limbah dan sampah. Untuk mendapatkan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, maka BSD City bekerja sama dengan Universitas Prasetiya Mulya melakukan penelitian pengelolaan sampah yang paling efisien secara sains dan teknologi.

Universitas Prasetiya Mulya ditunjuk menjadi technical assistance dalam memilih dan menilai pengelolaan sampah yang terbaik dan paling efisien dari sisi lingkungan, sosial dan ekonomi. Saat ini sudah ada empat jenis pilihan dalam pengelolaan sampah dan limbah, diantaranya pengelolaan waste to energy, waste to material, serta sanitary landfill yang masih dikaji secara sains dan teknologi.

Menurut Dhony Rahajoe selaku Managing Director, President Office Sinar Mas Land, saat ini belum ada kota di Indonesia yang berhasil mengelola sampah, padahal sampah dapat dijadikan energi untuk menghasilkan hal lain yang bermanfaat. “Inilah pentingnya kerja sama dengan perguruan tinggi, yaitu untuk menilai pengelolaan sampah yang paling sustainable dan berkelanjutan.”

Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak juga memberikan respon yang positif terhadap kerja sama ini. Menurutnya kolaborasi dan kerjasama antara Universitas Prasetiya Mulya dengan industri dalam mengelola sampah ini merupakan milestone yang positif dalam dunia sains dan pendidikan, khususnya untuk jurusan Energy Engineering Universitas Prasetiya Mulya. “Proyek ini merupakan proyek yang managable dan merupakan bukti nyata dari Universitas Prasetiya Mulya untuk memberikan sumbangsihnya pada lingkungan dan Indonesia,” ujarnya.

Berita Terkait

Leave a Comment