28.2 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 13 Juli 2024
Serpong Update
ADVERTORIAL

Sambut HUT ke-15 Kota Tangsel, RSU Tangsel Gelar Donor Darah

Serpongupdate.com – Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan HUT ke-15 Kota Tangerang Selatan, Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangsel mengadakan donor darah donor darah.

“Semua pegawai RSU Tangsel ikut mendonorkan darah. Kami juga share informasi donor darah ini ke Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Kegiatan kemanusiaan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023,” ungkap Oco S.KM.MKM, Kepala Bidang Perawatan RSU Kota Tangsel, Kamis (23/11)

Dalam upaya mengajak masyrakat untuk donor darah, RSU Kota Tangsel membuka pendaftaran peserta secara offline dan online.”Peserta yang mendaftar lewat online ada 95 orang dan yang secara langsung ada 125 orang,” ucap Oco.

Untuk stok darah di RSU Kota Tangsel masih aman. Ia memastikan stok kantong darah hingga sekarang relatif aman dan terkendali.”Karena stok darah ini RSU Tangsel bekerjasama dengan PMI Tangsel selalu kroscek akan ketersediaan stok darah,” katanya.

Selanjutnya Oca menjelaskan, jika sudah mendekati kepada kekurangan stok kantong darah, kami berkomunikasi dengan PMI Tangsel. “Jadi sampai saat ini Alhamdulilah ketersediaan darah tercukupi,” ujarnya.

Donor darah ini rutin setiap tahun diselenggarakan, terutama dalam menyambut hari jadi Kota Tangsel yang diperingati setiap tanggal 26 November.”Untuk donor darah, kalau untuk target kita semaksimal mungkin tidak dibatasi, kalau seandainya lebih dari 95 ya kita layani,” jelasnya.

Sementara itu,  Ketua PMI Kota Tangsel, dr. Suhara Manullang menerangkan, salah satu tugas PMI adalah menjamin ketersediaan darah. Ada dua pola kegiatan untuk menjaga ketersediaan darah dengan donor ini yaitu, statis datang ke kantor dan mobile.Kita datang ke suatu tempat organisasi atau komunitas termasuk RSU Kota Tangsel.

“Kebutuhan kantong darah per bulan 4 ribu. Per hari PMI Tangsel mengumpulkan antara 100 hingga 125 kantong darah. Untuk diketahui,  pendonor darah yang datang ke Kantor PMI Tangsel meningkat sekitar 300 persen. Per hari mencapai 65 orang,” ujar Suhara.

Lebih lanjut ia menerangkan, untuk saat ini kita sediakan 6 bet jadi kemampuan petugas itu sampai siang, itukemampuan sekitar 30 sampai 40 per petugas.

Suhara menjelaskan, efek untuk pendonor itu sangat bagus sekali. Sel darah tua ini diganti dengan sel muda, jadi darah pun umurnya 120 hari itu diperbaharui menjadi darah muda. Darah terangsang setiap 3 bulan sekali, bisa juga 2 bulan. (Adv)

Berita Terkait

Leave a Comment