25.4 C
Tangerang Selatan
Kamis, 18 April 2024
Serpong Update
EDUCATION

Surya Institute : Lakukan Seleksi Nasional Olimpiade Sains & Matematika untuk SD

Bertempat di Wisma Tamu Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan. Surya Institute melalui Divisi Surya Institute fot the Promotion of Science (SIPS) mengadakan seleksi nasional Asian Science & Mathematics Olympiad for Primary Schools  (ASMOPS) 2016.

Sebanyak 60 peserta terbaik se-Indonesia mengikuti seleksi nasioanl Olimpiade Sains & Matematika untuk SD pada hari Jumat, 21 Oktober 2016. 60 peserta terbagi menjadi 30 peserta di bidang studi sains dan 30 peserta di bidang studi matematika.

Sebelum melakukan seleksi nasional, SIPS telah melakukan seleksi regional melalui kegiatan Road to ASMOPS di beberapa kota di Indonesia. Antara lain Jakarta, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Balikpapan, Makassar, Timika, Medan, Palembang dan Pekanbaru.

Sebanyak 1.357 peserta dari berbagai sekolah dasar mengikuti seleksi regional tersebut. Setelah dilakukan seleksi di beberapa kota, tingga 60 peserta yang mengikuti seleksi nasional dari tanggal 21-23 Oktober 2016 di Puspiptek.

Christina Simanjuntak Ketua Panitia ASMOPS 2016 mengatakan dari 60 peserta yang mengikuti seleksi nasional, akan dipilih 16 peserta yang terdiri dari 8 di bidang studi sains dan 8 untuk bidang studi matematika, yang akan dibagi menjadi 4 Tim Nasional. Keempat tim itu akan berlaga di ASMOPS 2016.

Sebanyak 16 peserta terbaik yang mewakili Indonesia akan berkompetisi dengan peserta dari beberapa negara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Filipina, Kamboja, Nepal, India,Vietnam, Nigeria dan negara Asia lainnya. “ASMOPS 2016 merupakan olimpiade keenam kalinya, yang akan diadakan pada tanggal 25-29 di Allium Hotel Tangerang,” ujar Christina.

Sebagai informasi. Surya Institute adalah sebuah institusi nirlaba yang antara lain peduli terhadap pengembangan kemampuan para siswa yang berbakat di bidang sains dan matemtika. Melalui program dari SIPS, para siswa yang berbakat ini diikutsertakan dalam berbagai kompetisi dn olimpiade bidang sains dan matematika  di dalam dan luar negeri.

ASMOPS dicetuskan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D selaku Pendiri dan Ketua Dewan Pembina dari Surya Institute yang juga menjadi Pendiri dan Rektor Surya University.

ASMOPS merupakan olimpiade inovasi tingkat sekolah dasar di bidang sains dan matematika. Dimana para peserta akan menyelesaikan soal-soal olimpiade baik teori maupun eksprimen atau eksplorasi secara individu dan tim untuk bidang sains, matematika dan soal investigasi yaitu berupa soal gabungan sains dan matematika.

surya-ok

 

 

 

Berita Terkait

Leave a Comment