32 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 13 Juli 2024
Serpong Update
EDUCATION

IMIKI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Gelar Trainning of Leadership

Serpongupdate.com  – Pengurus Perguruan Tinggi (PPT) Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten mengelar Trainning of Leadership (TOL).

Kegiatan Trainning of Leadership (TOL) ini digelar di Aula Diskominfo Provinsi Banten pada 16 sampai 17 September 2023 merupakan Pendidikan dan latihan (DIKLAT) kaderisasi tingkat II di organisasi IMIKI sebagai salah satu penguatan kualitas intelektual anggota dan kader IMIKI UIN SMH Banten yang lebih baik.

Hadir dalam kegitan tersebut berbagai narasumber dari berbagai profesi baik dari politisi, dosen akedemisi, aktivis pemberdayaan, pegiat literasi dan media hingga penyelenggara pemilu yang sesaat lagi akan berlangsung.

Diantaranya, H. Asep Rahmatullah, ST., MM. (Ketua DPRD Provinsi Banten Periode 2014-2019), Ahmad Solahudin, S.Pd.I (Wakil Ketua KPI D Provinsi Banten), M. Ali Zainal Abidin, M.Pd (Komisioner KPU Provinsi Banten), Muhibuddin, S.Sos., M.Si (Ketua Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN SMH Banten), Guntur Kurniawan, S.Sos (Bendahara Umum IMIKI Pusat 2018-2020), Imam Tantowi, S.I.Kom (CEO Patron.id) dan Ahmad Hifni, S.I.Kom (Asred NEWSmedia.com), Nadiatussolihah, S.Sos (Ketua PPT IMIKI UIN SMH Banten tahun 2014) dan Rifqi, S.Sos (Ketua IMIKI Cabang 2022-2023).

Bersamaan dengan itu, ketua Pelaksana Trainning of Leadership (TOL) Muhamad Daud menyampaikan laporan mengenai kegiatan tersebut.

ketua Pelaksana Trainning of Leadership (TOL) Muhamad Daud melaporkan t bahwa terselenggaranya kegiatan TOL ini diikutsertai oleh 30 kader IMIKI UIN SMH Banten.

“Alhamdulillah setelah hampir kurang lebih satu bulan lamanya mempersiapkan acara Training Of Leadership (TOL) akhirnya terselenggara juga, dengan jumlah 30 peserta yang bertempat di Aula lantai 3 Diskominfo Provinsi Banten, acara ini diikuti secara umum oleh mahasiswa ilmu komunikasi dengan mengusung tema “Spirit Kepemimpinan Pionir Kebangsaan”.

Lebih lanjut, ketua pelaksana Trainning of Leadership (TOL) Muhamad Daud juga menyampaikan harapannya agar kegiatan TOL ini dapat memfasilitasi kader untuk menjadi pemimpin yang berkualitas.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini menjadikan kader-kader PPT IMIKI yang bermanfaat dan berkualitas, guna menjadi pemimpin dimasa yang akan datang dan tentunya berguna untuk bangsa dan negara”, ungkapnya pada 17 september 2023

Senada diungkapkan ketua PPT IMIKI UIN SMH Banten Kartika Julianti menyampaikan steatmentnya terkait kegiatan TOL ini yang pertama kali diadakan oleh Pengurus Perguruan Tinggi (PPT) dalam hal ini IMIKI UIN SMH Banten.

“Saya katakan hari adalah sejarah kebaruan kaderisasi tingkat II resmi dimulai, saya berterimakasih telah dipercayakan langsung untuk menggelar kegiatan TOL di lingkungan PPT IMIKI UIN SMH Banten. Bagaimana tidak, hari ini merupakan TOL perdana yang dipercayai langsung untuk digagas dan dilaksanakan oleh PPT di IMIKI Cabang Banten,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Kartika menyampaikan terlaksananya kegiatan TOL di lingkungan PPT merupakan bukti nyata sebagai kemajuan kaderisasi.

“Kawan-kawan semua, perlu saya sampaikan kiranya kita patut berbangga hati karena hari ini menjadi bukti bahwa kader PPT IMIKI UIN SMH Banten sudah menjadi garda terdepan pionir pergerkan kaderisasi IMIKI,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ketua PPT IMIKI UIN SMH Banten berharap kegiatan TOL ini dapat memperkuat nilai-nilai kepemimpinan dan memerdekakan kader-kader dari kebelengguan intelektual.

“Maka saya berharap, sesuai dengan tema yang kita usung hari ini “spirit kepemimpinan, pionir kebangsaan” tidak hanya sekedar memberikan pandangan bahwa disini kalian akan dididik sebagai pemimpin untuk diri sendiri, namun kalian akan dipersiapkan menjadi pemimpin pionir kebangsaan, penggerak masa depan,” tegasnya.

“Untuk mempersiapkan itu kawan-kawan, saya kira kira mesti sama-sama merdeka. Tidak haya untuk sekedar merdeka secara finansial, lebih dari itu, seorang pemimpin mestilah merdeka dari emosional dan merdeka dalam intelektual,” tambahnya.

“Tidak ada pemimpin yang murahan, semua pemimpin itu dipersiapkan dan jawabannya ada tangan kalian. Akhirnya, saya ucapkan selamat menjalankan ibadah TOL, teruslah bergerak teruslah merawat. Karena kita tidak akan pernah tau penderitaan mana yang akan menyelamatkan kita sebelum kita benar-benar menyelaminya,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Sekjend IMIKI Cabang Willy Adrian mewakili ketua IMIKI cabang menyampaikan apresiasi terhadap keberlangsungan kegiatan TOL yang dilaksanakan oleh PPT IMIKI UIN SMH Banten.

“Sebelumnya TOL memang dilakukan oleh pengurus cabang, namun hari ini bisa kembali dirumuskan hingga dilaksanakan langsung di tangan PPT. Ini merupakan kebaruan kaderisasi yang nyata, artinya, hari ini kader IMIKI di tingkat perguruan tinggi telah membuktikan kapasitasnya dalam mengawal kaderisasi,” ungkapnya.

“Saya turut berbangga dan berharap berbagai inovasi baru yang kemudian akan dan mungkin dilakukan oleh pengurus perguruan tinggi bisa terus kooperatif dengan pengurus cabang, agar dalam pelaksanaannya bisa saling bahu-membahu membesarkan IMIKI khususnya di IMIKI cabang Banten ini,” pungkasnya. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment