29.4 C
Tangerang Selatan
Senin, 15 Juli 2024
Serpong Update
COMMUNITY

Pos Rehabilitasi Sosial Disabilitas Tangsel Diresmikan

Setelah disahkan ratifikasi Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas melalui Undang-undang No. 19 Tahun 2011 terjadi perubahan tentang pelayanan rehabilitasi sosial yang tadinya salah satunya dari amal (charity) menjadi pemenuhan hak upaya melindungi, menghormati, memajukan dan memenuhi hak-hak penyandang disabilitas.

Untuk itu Kementerian Sosial melalui Yayasan Sayap Ibu Provinsi Banten yang berkedudukan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendirikan Pos Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Disabilitas untuk memenuhi hak-hak mereka baik hak kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Ketua Umum Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten,Renowati Hardjosubroto, mengatakan, Pos Rehsos ini didirikan untuk mendukung anak-anak disabilitas dalam pemenuhan pendidikan, kesehatan dan bermain. Ini merupakan salah satu  program Kementerian Sosial berbasis masyarakat dalam merehabilitasi anak-anak disabilitas. “ Di Tangsel ada sekitar 90 anak disabilitas yang masuk dalam anggaran Pos Rehsos ini,” ujarnya

Adapun pelayanan yang diberikan di dalam Pos Rehsos ini, para penyandang disabilitas akan mendapatkan rehabilitasi. Antara lain trapi pisik, pemberian obat, pemberian makanan nutrisi, pelatihan untuk orang tua atau pendamping bagaimana cara mengasuh anak disabilitas.

“Di Pos Rehsos ini, Yayasan Sayap Ibu tidak hanya mentrapi anak-anaknya, namun orang tua juga diberikan pelatihan kerajinan untuk menambah penghasilan ekonomi dengan cara membuat roncengan bumbu dapur, bungkusan makanan, keset dan sebagainya,” papar Renowati.

Sementara Nurhayati, salah seorang ibu yang memiliki anak disabilitas mengatakan, sangat senang adanya Pos Rehsos ini. “Kita bisa mendapatkan pelayanan gratis dan mencari tahu cara merawat anak disabilitas,”ungkap Nurhayati yang baru bergabung sekitar 6 bulan.

Terkait hal tersebut, Kepala Seksi Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Tangsel, Kuswanda mengatakan, dengan didirikan Pos Rehsos  bisa mengurangi beban Pemkot Tangsel dalam menampung kaum disabilitas. “ Semoga Pos Rehsos ini bisa menjangkau kota kabupaten yang ada di Provinsi Banten,” katanya saat peresmian Pos Rehabilitasi Sosial Disabilitas yang bertempat di Kelurahan Kampung Sawah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten

 

 

Berita Terkait

Leave a Comment