29.8 C
Tangerang Selatan
Jumat, 19 April 2024
Serpong Update
EDUCATION

The 8th Asian British Parliamentary Debate Championship

Indonesia tahun ini mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam Kejuaraan “The 8th Asian British Parliamentary Debate Championship”, sebuah kompetisi prestigious internasional dimana para peserta debat berasal dari negara-negara di Asia Pasifik.

Di tahun yang ke-8 ini, Universitas Prasetiya Mulya mendapat kehormatan untuk menjadi tempat penyelenggaraan ABP 2016. Kejuaraan yang dilaksanakan selama lima hari ini berlangsung pada 8 – 12 Oktober 2016 di Universitas Prasetiya Mulya, BSD Campus, Jl BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang.

Kejuaraan The 8th Asian British Parliamentary Debate Championship ini dibuka oleh Dr.Rudy Handoko, M.M, selaku Wakil Dekan 3 bidang kemahasiswaan dan ikatan alumni. Rudy mengemukakan, tema debat diantaranya akan mengusung masalah ekonomi dan sosial, serta masalah budaya dan pariwisata.

Sementara itu, Tournament Advisor & Co Convenor Asian British Parliamentary Debate Championship 2016, Andre Kua, mengemukakan bahwa kejuaraan ABP kali ini diikuti oleh 9 negara dengan jumlah peserta lebih dari 250 mahasiswa se-Asia Pasifik yang akan membentuk 80 tim debat . Satu tim akan terdiri dari 2 debaters, 1 n-1 adjudicator , dan satu tema debat akan terdiri dari 4 tim yang akan berlangsung selama 1,5 – 2 jam. “ Namun penilaian yang akan dilakukan oleh juri adalah individual dan akan dijumlah di akhir sesi pelaksanaan menjadi nilai tim,” ujar Andre.

Peserta debat terdiri dari kampus-kampus ternama di Asia Pasifik, diantaranya Nanyang University of Singapore, Nanyang Technology University, Peking University, University of Macau, Waseda University, Keio University, dan American University of Afgahanistan. Dari Indonesia, peserta diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara.

Dalam acara Closing Ceremony, para pemenang The 8th Asian British Parliamentary Debate Championship mendapatkan piagam dan piala serta dihibur music performance oleh Prasgan dan Orchestra Prasetiya Mulya.

Berita Terkait

Leave a Comment