29.4 C
Tangerang Selatan
Senin, 15 Juli 2024
Serpong Update
COMMUNITY

MAXIMA : 300 Mahasiswa Baru Gabung di Teater KATAK UMN

Teater atau seni peran, tak hanya menampilkan peran seseorang dalam satu pementasan. Di dalam pementasan tersebut, terkadang  ada unsur perpaduan antara tarian dan nyanyian.

Untuk menyalurkan bakat di bidang seni pertunjukan atau teater, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Gading Serpong, Tangerang membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bernama Komunitas Anak Teater Kampus atau disingkat dengan KATAK.

Di awal berdirinya pada 2007, kelompok ini menggunakan nama Anak UKM Teater UMN atau Autumn. Namanya kemudian diubah menjadi KATAK pada tahun 2009. Dalam perjalanannya, kelompok teater ini telah puluhan kali mempertontonkan pentas.

Di sela-sela acara Malam Ekspresi Mahasiswa (MAXIMA) yang diadakan pada 2 September 2016. Menurut Fernandes, Mahasiswa Fakultas Komunikasi Angkatan 2014, yang juga menjadi anggota KATAK,  tujuannya dibentuk KATAK merupakan sebagai wadah bagi mahasiwa yang ingin menyalurkan minat dan bakat di bidang seni, khususnya seni teater. Ke depan, kami ingin Teater KATAK bisa menjadi besar sepertI teater-teater lain yang ada di Indonesia.

Anggota yang aktif sekitar 100 orang,  terdiri dari mahasiswa berbagai angkatan dan alumni UMN.”Adapun penamaan KATAK filosofinya diambil dari perumpamaan seekor katak mampu melompat jauh, begitu juga halnya dengan teater KATAK,” ungkap Fernandes yang akan menampilkan semua anggota baru KATAK untuk mengisi acara Inagurasi mahasiswa baru.

Wajib ikut dalam mencari anggota baru di UKM UMN pada kegiatan MAXIMA, teater KATAK menampilkan perform teater kecil guna mengajak mahasiswa baru untuk bergabung.

Layaknya di pasar malam, dimana para anggota KATAK berpromosi dengan mengadakan pertunjukan teater kecil, berkarakter lewat dialog dengan memakai pakaian daerah. “Target 300 mahasiswa baru menjadi anggota teater KATAK pada tahun ini,” ujar Fernandes.

Pihak kampus juga mendorong mahasiswa aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di luar mata kuliah. Hal ini dianggap baik karena dapat mengembangkan kemampuan setiap mahasiswa.

“Setiap mahasisma UMN wajib ikut tergabung dalam salah satu UKM. Karena kegiatan ini, menjadi salah satu syarat untuk kelulusan mahasiswa tersebut,” tegas Jovita Dinata, selaku Communication Faculty Public Relations UMN

Ada lebih dari 60 stan pada puncak acara MAXIMA yang  diisi oleh UKM, organisasi mahasiswa, komunitas, juga stan makanan, baju, dan aksesoris.

katak1

.

 

Berita Terkait

Leave a Comment