25.4 C
Tangerang Selatan
Jumat, 19 April 2024
Serpong Update
EDUCATION

Membina UKM Sebagai Bentuk Pengabdian untuk Masyarakat

Sebagai Institusi pendidikan yang telah lama bergelut di bidang bisnis, Universitas Prasetiya Mulya berkomitmen untuk memberikan pengabdian inklusif dan berkelanjutan melalui aktivitas entrepreneurship bagi masyarakat.

Pengabdian Prasetiya Mulya untuk masyarakat dalam sosialisasi kegiatan bisnis lebih kepada memberi ‘kail dan pancing ’ dan bukan sekedar memberi ‘ikan’. Dalam waktu beberapa tahun, program sociopreneurship yang dijalankan oleh Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Prasetiya Mulya dan para mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya dalam mata kuliah wajibnya, Community Development telah menghasilkan bisnis-bisnis kecil yang mulai sukses di masyarakat yang telah dibinanya.

Hal inilah yang dipaparkan dalam acara “Pengabdian Inklusif dan Berkelanjutan melalui Aktivitas Entrepreneurship“ yang telah dilaksanakan pada Senin, 26 September 2016 di Kanawa Coffee & Munch, Kebayoran Baru, Jakarta. Dalam acara yang dihadiri oleh M.Setiawan Kusmulyono  (Ketua Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Prasetiya Mulya), Dr.Rudy Handoko (Wakil Dekan III Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya) dan Herawandi (mitra usaha Universitas Prasetiya Mulya).

Mitra usaha Universitas Prasetiya Mulya, Herawandi M. SetiawanKusmulyono menjelaskan, kami mendidik mahasiswa bukan hanya berorientasi kepada profit semata tetapi juga dampak dan manfaatnya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar yaitu entrepreneur yang memiliki tanggung jawab sosial.

Lebih dari 1.000 peserta pelatihan dan wirausaha yang sudah dibina oleh Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Univeritas Prasetiya Mulya. Saat ini cakupan wilayah pembinaan usaha oleh Universitas Prasetiya Mulya telah tersebar di sejumlah  wilayah di Jakarta dengan program ketahanan keluarga (mompreneur), wilayah Tangerang, Jawa Barat dan Bali.

Secara spesifik, program  ketahanan keluarga ini memberikan bekal keterampilan berwirausaha seperti memasak dan berbisnis makanan kepada para ibu di sekitar Kampus UniversitasPrasetiyaMulya. Program lainnya adalah mengenai kesehatan masyarakat yaitu mengenalkan jajanan sehat untuk anak-anak sekolah, sehingga anak-anak ini dapat tumbuh dan berkembangl ebih baik.

Selain itu, PPKM juga memperhatikan perkembangan guru-guru di lingkungan sekitar kampus dengan memberikan pelatihan pengelolaan keuangan yang dapat bermanfaat secara personal maupun untuk fungsi lainnya bahkan dapat memberikan pengetahuan baru bagi siswa-siswinya.

Melalui slogan “Do Good, Well”, Pusat Pengabdian Masyarakat Universitas Prasetiya Mulya memberikan layanan terbaik yang menyeluruh kepada masyarakat sehingga dapat mendorong perkembangan pengetahuan, kemandirian, kesejahteraan di lingkungan sekitar.

Berita Terkait

Leave a Comment